Senin, 10 Juli 2023

Memperkaya Wawasan Historis melalui Karya Fiksi Bertajuk “Pulang

 



Sumber: Internet


Judul Buku   : Pulang

Penulis          : Leila S. Chudori

Penerbit        : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Jakarta

Halaman       : 461 halaman

Tahun Terbit : 2012

ISBN            : 978-602-424-275-6

 

Novel “Pulang” merupakan drama keluarga, persahabatan, cinta, dan pengkhianatan yang berlatar belakang tiga peristiwa bersejarah, yaitu Indonesia 30 September 1965, Prancis Mei 1998, dan Indonesia Mei 1998.

Berawal ketika gerakan mahasiswa berkecamuk di Paris, Dimas Suryo yang merupakan eksil politik Indonesia bertemu dengan Vivienne Deveraux. Dimas dan kawan-kawannya  yaitu Nugroho, Tjai, dan Risjaf menerima kabar bahwa sahabat mereka Hananto Prawiro telah tertangkap dan dinyatakan tewas. Berita mencekam terus menerus mereka dengar di tengah kesibukan mengelola Restoran Tanah Air di Paris.

Dari perkawinan Dimas dan Vivienne, dikaruniai seorang anak yang bernama Lintang Utara. Sebagai tugas akhir kuliahnya, Lintang Utara berhasil mendapatkan visa masuk Indonesia untuk mendokumentasikan pengalaman keluarga korban tragedi 30 September. Dalam perjalanannya, terkuak sejarah paling berdarah yang berkaitan dengan Ayahnya. Selain itu, ia menjadi saksi kerusuhan terbesar Mei 1998 dan jatuhnya Presiden yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Alur yang digunakan dalam novel karya Leila ini adalah campuran. Membutuhkan fokus tinggi untuk dapat memahami alur dari bab ke bab dalam cerita ini. Namun di sisi lain, novel ini mengangkat fakta sejarah yang dikemas melalui cerita fiksi. Melalui novel ini pembaca dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan. Setiap bab menyajikan sudut pandang tokoh yang berbeda membuat cerita ini semakin menarik. (Yesyka)

 




SHARE THIS

0 Comments: