Jumat, 07 Juli 2023

Gelar Press Conference Perdana, SIPA 2023 Perkenalkan Maskot Baru

 

(Suasana Press Conference Perdana SIPA 2023 yang dihadiri media se-Solo Raya/Dok. Nabila & Wulan)

Lpmvisi.com, Solo – Solo International Performing Arts (SIPA) menggelar Press Conference perdana untuk mengenalkan maskot yang akan digunakan tahun ini pada hari Selasa (11/7). Bertempat di sekretariat SIPA, press conference perdana SIPA 2023 menghadirkan Direktur SIPA, Dra. R. Ay Irawati Kusumorasari, S. Sn., perwakilan Pemerintah Kota Solo, Siti Khotimah, S.Sos., MM., dan Maskot SIPA 2023, Wirastuti Susilaningtyas.

Maskot SIPA 2023 terpilih, Wirastuti Susilaningtyas, merupakan seniman yang telah malang melintang di bidang vokal dan tari. Perempuan kelahiran Kota Bengawan ini telah memulai perjalanan seni pertunjukkan sejak umur sembilan tahun di sanggar tari Soemirat Puro Mangkunegaran Surakarta. Setelah bergabung dengan Solo Dance Studio dan Eko Supriyanto, Wirastuti atau akrab dipanggil Mbak Tutut, mulai merambah ke seni tari. Perpaduan seni tari, pertunjukan, dan vokal yang dikuasainya, menghantarkan Mbak Tutut menjadi koreografer, penari, maupun vokalis bersama seniman lainnya. Karya-karya yang telah dilahirkan Mbak Tutut pun tak hanya lingkup daerah dan nasional melainkan sudah internasional, salah salah satunya adalah Opening Ceremonies Asian Games pada 2018. Dengan berbagai talenta yang dimiliki Mbak Tutut inilah yang menjadikannya terpilih sebagai maskot SIPA 2023.

"Karena keistimewaan beliau. Yang memiliki talenta tari, koreografi yang luar biasa." Tutur Ira kepada awak media saat menjelaskan alasan dipilihnya maskot tahun ini.

 

Dalam press conference yang telah digelar, selain mengenalkan maskot juga menyampaikan tema dan maknanya. SIPA 2023 mengangkat tema Say All with Arts yang artinya katakan semua dengan seni. Melalui tema ini ketika harmonisasi kehidupan mulai menghilang di situlah seni mengambil peran sehingga menggelorakan semangat keindahan seni untuk kehidupan. Sejalan dengan tema ini, suhu politik yang mulai naik di Indonesia, Ira menghimbau supaya tokoh-tokoh di politik dapat bertindak dan bertutur kata menggunakan seni.

 

(Wirastuti Susilaningtyas atau Mbak Tutut, Maskot SIPA 2023 yang berpose dengan Direktur SIPA dan perwakilan Pemerintah Kota Solo di sampingnya/Dok. Nabila & Wulan)


SIPA 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2023 di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. Dengan mengangkat tema dan maskot yang berbeda, pergelaran seni pertunjukkan yang telah berlangsung selama 15 tahun ini juga menghadirkan delegasi (performer) yang berbeda pula.

Pihak pemerintah kota juga turut mengapresiasi digelarnya SIPA tahun ini, Siti menambahkan Pemkot mendukung penuh acara ini dengan memberi bantuan dana dan mempermudah segala bentuk administrasi sebagai bagian dari event 2023, tidak tertinggal pula menjembatani kerja sama dengan media, sehingga SIPA dapat terpublikasi secara luas. (Nabila dan Wulan)



SHARE THIS

0 Comments: