Kamis, 30 Maret 2023

Kisah Gangubai, Gadis yang Perjuangkan Hak PSK di Tahun 60-an


Judul : Gangubai Kathiawadi

Genre : Biografi, Drama

Tanggal Rilis : 25 Februari 2022 (Indonesia)

Sutradara : Sanjay Leela Bhansali

Produksi : Bhansali Production

Pemeran : Alia Bhatt (sebagai Gangubai)


Sinopsis

Film Gangubai Kathiawadi ditayangkan pada tahun 2022, film ini menceritakan tentang Gangubai Kathiawadi seorang aktivis pembela hak-hak Pekerja Seks Komersial (PSK) di India pada tahun 1960.


Kisah ini bermula ketika Gangga yang diperankan oleh Alia Bhatt, seorang gadis lugu dari Gujarat yang mendapat tawaran untuk casting film di Mumbai oleh pacarnya. Gangga yang sudah begitu percaya pada Ramnik, sang kekasih pun menerima tawaran tersebut. Gangga pergi ke Mumbai bersama sang kekasih tanpa memberitahu orang tuanya, karena sang orang tua tidak memberinya izin untuk menjadi seorang aktris. Namun, hal yang dijanjikan Ramnik kepada Gangga hanya tipuan belaka. Ramnik menjual Gangga kepada bibi Sheela seorang pemilik rumah bordil di Kamathipura.


Gangga yang sudah terjebak di rumah bordil tersebut, hanya bisa menerima nasibnya menjadi seorang pelacur. Gangga merubah namanya menjadi Gangu, nama yang didapatkan dari pelanggan pertamanya. Sejak saat itu, Gangu memiliki tekad untuk membebaskan para pelacur dan membela hak-hak mereka.


Perjuangan Gangu dimulai ketika bibi Sheela wafat, ia dipercaya oleh teman-temannya di rumah bordil tersebut untuk menggantikan bibi Sheela. Gangu selaku pemilik rumah bordil tersebut, membuat peraturan baru di rumah tersebut dengan menjamin para PSK tidak akan mengalami kekerasan dan pelecehan seksual dari para pelanggan. Kemudian, perjuangan Gangu berlanjut ketika menjabat sebagai pemimpin di Kamathipura. Gangu menjamin anak-anak perempuan yang berasal dari rumah bordil di Kamathipura akan mendapatkan pendidikan yang layak. Perjuangan Gangu dalam membela hak-hak para PSK pada suatu saat diliput oleh salah satu majalah di India. Akhirnya, Gangu diberikan kesempatan untuk mengkampanyekan pendidikan bagi anak-anak dari Kamathipura agar mendapatkan pendidikan yang layak. Perjuangan Gangu terus berlanjut sampai akhirnya hak-hak para pekerja seks komersial di India diakui oleh pemerintah India.


Kelebihan

Kelebihan dari film ini yaitu pesan dari film ini sendiri yang menjelaskan mengenai hak-hak pekerja seks komersial selayaknya manusia lainnya. Film ini memberikan insight baru bahwa para pekerja seks komersial sering tidak mendapatkan haknya dan diskriminasi dari masyarakat. Selain itu, film ini juga memberikan sinematografi yang ciamik ditambah dengan akting Alia Bhatt yang memukau. Film ini sangat kuat dengan unsur kesetaraan gender, feminisme, dan emansipasi wanita.


Kekurangan

Kekurangan dari film ini yaitu beberapa karakter dalam film ini kurang diceritakan secara mendetail dan ada beberapa bagian cerita yang terasa begitu cepat. (Azra)


SHARE THIS

0 Comments: