Rabu, 05 Oktober 2022

Rayakan Hari Batik Nasional, Pemerintah Kota Solo Gelar Serangkaian Mega Event

(Spot “Solo Membatik Dunia” yang ada di depan Balaikota Solo/Dok. Nabila)


Lpmvisi.com, Solo – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, Solo sebagai kota yang terkenal akan kebudayaan Jawa yang kental, pasti turut serta menyemarakannya. Seperti di tahun 2022 ini, Pemkot Surakarta mengadakan acara-acara untuk memperingati Hari Batik Nasional. Bertajuk “Solo Membatik Dunia”, event ini digelar secara besar-besaran mulai tanggal 1-5 Oktober 2022 dengan total 11 acara di berbagai tempat yang berbeda, acaranya pun beragam mulai dari Festival di kampung batik hingga Parade yang dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


(Titik kumpul partisipan SBC/Dok. Nabila)


Salah satu bagian dari event besar tersebut adalah Solo Batik Carnival (SBC) yang dilaksanakan pada hari Minggu (2/10/2022) di Koridor Jalan Jendral Soedirman dari pukul 6 hingga 9 pagi, berbarengan dengan adanya Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi. Dalam SBC kali ini, para partisipan berjalan di sepanjang Koridor Jendral Soedirman hingga Balaikota Solo menggunakan kostum bertemakan transformasi digital dengan dominasi motif batik.


“Menurut saya ini Solo makin banyak acara sih, awalnya saya mau CFD tapi lihat ada karnaval batik juga. Setelah cari tahu, ternyata ada acara di tempat lain juga. Mumpung hari libur jadi tertarik buat datang,” tutur Fajar (56) salah satu warga yang menonton SBC.


(Para partisipan SBC yang berfoto setelah melewati koridor Jendral Soedirman/Dok. Nabila)


Selain SBC, event “Solo Membatik Dunia” ini meliputi seluruh rangkaian acara mulai dari Festival Laweyan 2022 digelar di Kampoeng Batik Laweyan (1-2 Oktober 2022), Peringatan Hari Batik Nasional Batik Keris Bersama Pengrajin Daerah di Loji Gandrung (1-2 Oktober 2022), pameran desainer-desainer Indonesia yang bertempat di Heritage Batik Keris (3-5 Oktober 2022). Kemudian ada pula kuliner khas Solo Bersama Customer Loyal Batik Keris di Garden Agung Heritage Batik Keris (2 Oktober 2022), lalu Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara di Loji Gandrung hingga House of Danar Hadi (2 Oktober 2022), Solo Art Market di Ndalem Doyoatmojo (2 Oktober 2022), Cerita Batikku Bersama Batik Danar Hadi di House of Danar Hadi (1 Oktober 2022), ada pula Solo Batik Music Festival yang digelar di Pamedan Puro Mangkunegaran (1-2 Oktober 2022). Pameran 1000 Motif Batik Kuno dan Kekinian bertempat di Kampung Wisata Batik Kauman (1-2 Oktober 2022), lalu Solo Batik Fashion bertempat di 2 tempat yaitu Balaikota Surakarta dan Solo Paragon Lifestyle Mall (1-5 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB), dan Solo Batik Carnival di Koridor Jenderal Soedirman (2 Oktober 2022).

(Promosi SBC virtual yang dilaksanakan bersamaan dengan karnaval dan di dekat area CFD sehingga warga bisa mengikuti/Dok. Nabila)


Acara-acara tersebut memang mayoritas dapat dikunjungi masyarakat awam tanpa memungut biaya, namun ada juga acara berbayar seperti Music Festival yang tiketnya dibandrol dengan harga mulai dari 135 ribu/hari atau 250 ribu/2 hari hingga 200 ribu rupiah perhari jika membeli tiket langsung di tempat atau OTS (On The Spot), tiket tersebut dapat dibilang cukup worth it mengingat bintang tamu yang diundang adalah artis-artis ibu kota. Serangkaian event ini diharapkan dapat menambah rasa cinta masyarakat terhadap batik dan memperkenalkan batik secara lebih luas. (Nabila Mahadewi)



SHARE THIS

0 Comments: