Sabtu, 29 Oktober 2022

Book Tour Penulis Alvi Syahrin dan Ardhi Mohamad di Kota Solo

D:\DOCUMENT CIKA\Ardhi & Alvi - Book Tour\20221029_175436.jpg

(Sesi Tanda Tangan Dengan Penulis/Dok. Cika)



Lpmvisi.com, Solo – Alvi Syahrin dan Ardhi Mohamad mengadakan acara Book Tour dengan tajuk  “Healing But Lonely” secara offline pada Sabtu (29/10/2022)

Penulis buku popular Alvi Syahrin mengadakan Book Tour di beberapa kota besar di Indonesia. Book Tour ini diadakan dalam rangka mempromosikan karya terbarunya yang berjudul “Loneliness”. Acara ini diselenggarakan mulai pada tanggal 1 Oktober 2022, Depok merupakan kota pertama yang didatangi oleh Alvi Syahrin. Dalam serangkaian Book Tour-nya tersebut, Alvi mengajak sahabatnya dan merupakan penulis buku popular juga, yaitu Ardhi Mohamad. 

Beberapa kota di Jawa Tengah juga tidak ketinggalan untuk didatangi oleh Alvi dan Ardhi. Ada tiga (3) kota besar di Jawa Tengah yang akan didatangi oleh mereka, yaitu D. I. Yogyakarta; Solo; serta Semarang. Ketiga kota tersebut akan didatangi secara berurutan dimulai dari Yogyakarta; Solo; kemudian Semarang. Tour di Kota Solo sendiri diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB di Gramedia Solo Slamet Riyadi. Namun, beberapa jam sebelum acara dimulai lokasi Book Tour di ubah ke House of Danar Hadi. Pemindahan lokasi ini disebabkan oleh banyaknya pendaftar Book Tour. Pemindahan lokasi ke gedung yang lebih besar ini bertujuan supaya seluruh pendaftar Book Tour bisa mengikuti acara tanpa harus berdesak-desakan.

Acara dibuka oleh Alvi Syahrin dan Ardhi Mohamad, dilanjut perkenalan oleh kedua penulis. Sistem pada acara Book Tour ini adalah peserta diajak untuk memilih angka dari 1-10, lalu angka tersebut yang menentukan topik diskusi. Topik diskusi yang muncul tidak jauh dari bedah buku setiap topik dari buku-buku karya Alvi Syahrin ataupun buku karya Ardhi Mohamad, seperti Insecurity, Loneliness, dan Self Healing

Salah satu sesi yang menarik dalam Book Tour di Solo ini adalah ketika Alvi Syahrin diminta untuk membaca bab paling personal di kehidupan Alvi pada buku “Loneliness”. Disini Alvi Syahrin menceritakan bahwa dia pernah merasakan kesendirian atau kesepian selama bertahun-tahun, namun kesepian itu dapat terselesaikan beberapa bulan lalu. Alvi meninggalkan rasa kesepian tersebut dengan lebih banyak berdoa kepada Tuhan untuk bisa melepas harapan akan keberadaan seseorang. Lalu, kita lebih banyak bersyukur dan tidak mengharapkan kebahagiaan kita kepada orang lain. Alvi juga menjelaskan aktivitas berlatih berteman dengan diri sendiri seperti journaling, bisa melepaskan rasa kesepian pada diri sendiri. Menurut Alvi, orang yang kesepian itu punya standar cara peduli terhadap dirinya sendiri. Namun, standar cara peduli yang dimiliki oleh diri sendiri bisa kita terapkan ke orang lain, tetapi orang lain tidak bisa menggunakan standar cara peduli kita. Di akhir sesi diskusi, Alvi Syahrin mengatakan bahwa dia akan meluncurkan buku ketiganya dan masih bertemakan tentang permasalahan-permasalahan pada kehidupan pribadi.

Setelah menyelesaikan sesi diskusi dan penutupan, acara dilanjut dengan sesi tanda tangan dengan Alvi Syahrin dan Ardhi Mohamad. Sesi ini dibagi menjadi dua (2) jenis, yaitu kategori peserta yang membeli buku di lokasi acara dan kategori peserta yang sudah membawa buku dari rumah. Kedua kategori ini berbeda hanya pada proses antrinya, dimana peserta yang membeli buku di lokasi acara mendapat keuntungan untuk didahulukan dalam proses penandatanganan. (Cika)



SHARE THIS

0 Comments: