Sabtu, 13 Agustus 2022

Rangkaian PKKMB UNS 2022 Resmi Dibuka

Pembukaan PKKMB di Gedung Auditorium (Dok. Adisti)

Lpmvisi.com, SoloSetelah 2 tahun dilaksanakan secara daring, akhirnya rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali diselenggarakan secara luring mulai tanggal Sabtu-Senin (13-15/8/2022) di Universitas Sebelas Maret serta fakultas masing-masing dengan mengangkat tema "Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Kemandirian Pangan dan Energi Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rangkaian PKKMB diawali dengan upacara pelantikan mahasiswa baru di Stadion UNS, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan PKKMB di Gedung Auditorium GPH Haryo Mataram UNS pada Sabtu pagi (13/8/22).


Mahasiswa Sekolah Vokasi berkesempatan untuk bisa hadir di gedung auditorium, sedangkan fakultas yang lain mengikuti pembukaan secara teleconference dari gedung fakultas masing-masing.


Sebelum dimulai, panitia PKKMB menayangkan video clip jingle PKKMB serta tariannya, yang dilanjut dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Acara pembukaan PKKMB ini dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum.

Dok. Adisti

Dalam sambutannya, Rektor UNS menyampaikan rasa bangganya kepada 10.411 mahasiswa baru yang telah berhasil lolos dan sah terdaftar menjadi mahasiswa UNS. Menurutnya, mahasiswa baru ini merupakan calon generasi emas karena telah memilih UNS. Jamal juga mengenalkan kepada para mahasiswa baru tentang julukan yang didapat UNS, yakni sebagai Kampus Pelopor dan Benteng Pancasila.


"Akan kami hantarkan jadi calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang… kalian yang akan melanjutkan jadi pemimpin untuk Indonesia yang maju dan berwibawa," ucapnya.


Beliau juga menegaskan bahwa UNS telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada tahun 2020 kemarin, serta menduduki urutan ke-6 universitas terbaik di Indonesia.


Untuk menutup sambutannya, seperti biasa, Jamal memberikan sebuah pantun.

"Pulau Timur, Pulau Flores. Pulau indah yang punya danau tiga warna. Selamat dan sukses mahasiswa baru UNS, kalian mahasiswa calon pemimpin masa depan bangsa," pungkasnya yang diikuti tepuk tangan meriah para mahasiswa. (Adisti)



SHARE THIS

0 Comments: