Selasa, 17 Agustus 2021

SPECTRUM 2021, Ajang Unjuk Bakat Mahasiswa Indonesia Resmi Dibuka


Penayangan logo SPECTRUM 2021 melalui live streaming youtube BEM FISIP
 (Dok. Nur Haliza)


Lpmvisi.com, Solo – Ajang kompetisi mahasiswa Social Political Education and Sport Tournament (SPECTRUM) resmi dibuka pada Sabtu (14/08/2021) melalui live streaming kanal YouTube Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FISIP UNS, Prahastiwi Utari mengajak seluruh mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan SPECTRUM karena sangat kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat.

“Teman-teman mahasiswa dapat berkompetisi dan menunjukkan kemampuan dalam bidang yang akan dilombakan sehingga dapat meningkatkan kompetensi diri”, ungkap Prahastiwi.

Selain itu, Presiden BEM FISIP UNS, Nur Afif Ristiyanto berharap kegiatan yang akan dilaksanakan dapat meningkatkan semangat seluruh pihak yang terlibat dalam acara itu baik panitia maupun peserta SPECTRUM 2021.

SPECTRUM 2021 memiliki tujuan untuk membangun motivasi, mewadahi, dan mengajak mahasiswa seluruh Indonesia berkompetisi untuk menyalurkan minat dan bakatnya. SPECTRUM tahun ini mengangkat tema “Rinascita Anyala Sukma”. Tema tersebut diartikan sebagai jiwa yang terlahir kembali seperti kobaran api.

“Diangkatnya tema ini kami berharap mahasiswa di seluruh Indonesia dapat menumbuhkan semangatnya kembali dan dapat meraih prestasi serta dapat menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda lainnya untuk tetap semangat dengan keadaan yang ada,” tutur Eugenia Faradiva Amanda selaku Ketua Pelaksana SPECTRUM 2021.

New Born, New Achievement” merupakan tagline dalam kegiatan SPECTRUM ini. Tagline tersebut dimaksudkan agar mahasiswa merasa terlahir kembali dengan cara mencetak prestasi. Selain itu, event ini juga memiliki logo dalam bentuk burung Phoenix, burung api yang berumur abadi.

“Ketika burung sudah berusia tua dan membakar diri, akan melahirkan sosok baru, harapannya semangat teman-teman masih menggelora seperti burung ini,” jelas Dendi selaku pembawa acara.

SPECTRUM tahun ini sepenuhnya akan diselenggarakan secara daring. Ada dua sistem perlombaan yang dapat diikuti yakni submisi terbuka dan lomba e-sports. Mahasiswa dapat mengikuti cabang perlombaan seperti lomba podcast, lomba poster, lomba film pendek, dan lomba esai dengan menggunakan sistem open submission. Sedangkan untuk lomba e-sport, SPECTRUM menyelenggarakan turnamen catur daring.

Masing-masing lomba memiliki temanya masing-masing. Lomba esai mengusung tema Optimalisasi Mahasiswa untuk Berkarya di Era Digital. Lomba film pendek mengusung tema Perjuangan dalam Menjalani Kuliah Online. Lomba podcast mengusung tema Revolusi Diri untuk Membangun Optimisme dalam Hidup. Dan Lomba poster mengusung tema Semangat Partisipasi dalam Menyukseskan Vaksinasi Nasional.

Lomba dengan sistem open submission dibuka mulai 14 Agustus 2021 hingga 14 September 2021. Untuk lomba chess online tournament akan menggunakan e-sport lichess. Lomba tersebut dibuka pada 14 – 31 Agustus 2021.

Salah satu mahasiswi Universitas Setia Budi, Intan Cahaya Puspita Putri mengaku event SPECTRUM sangat bermanfaat.

“Event SPECTRUM FISIP UNS ini menumbuhkan spirit bagi pemuda-pemudi bangsa khususnya kalangan mahasiswa tentang menormalisasikan lingkungan yang berkualitas,” ujar Intan saat dihubungi VISI.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNS, Salma Prastika.

 Tentu saja event SPECTRUM bermanfaat, apalagi perlombaan yang tidak biasa diselenggarakan universitas lain. Jujur saya baru menemukan sekarang di event kemahasiswaan terdapat lomba catur online,” ujarnya saat dihubungi VISI. Salma juga mengaku persyaratan yang telah ditentukan tidak rumit dan tertarik untuk mengikuti lomba esai dalam event tersebut. “Saya cukup tertarik untuk mengikuti lomba esai SPECTRUM,” pungkas Salma saat dihubungi VISI. (Nur Haliza)


SHARE THIS

0 Comments: