Senin, 31 Agustus 2020

Menilik Persiapan Kuliah Daring Semester Ganjil 2020 di UNS

Ilustrasi pelaksanaan kuliah daring. (Dok.Internet)

Pelaksanaan kuliah daring semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), telah dimulai sejak Senin, (31/08/2020). Setelah melaksanakan perkuliahan secara daring selama semester genap tahun ajaran yang lalu, UNS memperpanjang kebijakan kuliah daring hingga akhir tahun 2020. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Lpmvisi.com, Solo - Menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, sejumlah mahasiswa telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Ade Safana Alawiyah misalnya, mahasiswi Proram Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UNS angkatan 2019 menyampaikan bahwa dirinya bersemangat menyambut semester baru ini.

Excited, sih, karena semakin naik semester, di prodiku khususnya, sudah mulai bisa mengambil mata kuliah pilihan yang tentunya tergantung minat, walau nggak bisa banyak sekaligus,” ungkap Ade saat ditemui VISI.

Ade juga ikut menyampaikan strategi yang sudah direncanakannya sebagai mahasiswa untuk kuliah daring kali ini.

“Yang pertama evaluasi sisa waktu pandemi semester lalu. Curi start materi yang akan dipelajari dengan tanya-tanya ke kakak tingkat, baca-baca dulu materinya, dan yang tidak kalah penting sih siapkan aplikasi atau perlengkapan apapun yang sekiranya dibutuhkan untuk perkuliahan daring,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, saat-saat seperti ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengeluh.  “Kita tidak bisa statis dan nengok ke keadaan ideal terus, move on! Udah saatnya untuk menetapkan kurikulum dan standar baru yang perlu dicapai di semester ini. Kita yang dituntut kreatif, inovatif. Usahakan menang dalam kondisi apapun,” pungkasnya.

Sementara itu, Christian Widi Nugraha, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS juga ikut menyampaikan perasaanya dalam menyambut semeter baru.

“Karena baru pertama ini kuliah daring, semester kemarin saya tidak ada kelas, maka saya harus segera menyesuaikan dan membuat rencana perkuliahan sesuai dengan sistem dari UNS,” ujarnya saat ditemui VISI.

Terkait dengan strategi apa yang akan dilakukan untuk mengajar nantinya, Ia menuturkan bahwa akan menyesuaikan dengan sistem dari kampus. “Disesuaikan dengan sistem dari kampus dan memaksimalkan tugas praktek serta menerapkan trial and error sebagai pendalaman materi mahasiswa. Karena porsi praktek di matkul (mata kuliah -red) saya lebih utama,” tambahnya saat ditemui VISI.

Widi berharap bahwa semester ganjil ini tidak akan terjadi kendala dalam berbagai bidang termasuk sistem pembelajaran nantinya. (Prissilia Novi)


SHARE THIS

0 komentar: