Selasa, 29 Agustus 2023

Gelaran Seni Solo International Performing Arts Kembali Hadir Tahun Ini

 Lpmvisi.com, Solo - Pada tanggal 29 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB, Balaikota Surakarta terlihat dipenuhi oleh awak media dan pers, sebab akan diadakan Pers Conference untuk SIPA atau Solo International Performing Arts yang akan diadakan pada tanggal 31 Agustus sampai 2 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Benteng Vastenburg, Solo. Acara pers conference ini dihadiri oleh panitia penyelenggara sekaligus pengisi acara Solo International Performing Arts diantaranya, Dra. Irawati Kusumorasri selaku direktur SIPA 2023, maskot SIPA 2023 yaitu Wirastuti Susilaningtyas, serta perwakilan dari Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Republik Indonesia. Acara ini berlangsung dengan urutan acara mulai dari pembukaan, sambutan sekaligus pemaparan terkait acara SIPA FESTIVAL 2023, dan sesi tanya jawab oleh media pers dan audiens.



(Suasana Press Conference di Balaikota Solo/Dok. Farras dan Ara)

Festival seni ini akan menghadirkan para delegasi yang berasal dari luar negeri yaitu AURA Dance Theatre (Lithuania), MAYA Dance Theatre (Singapore), Parknahoon Company (Korea), Singapore Chinese Dance Theatre (Singapore), College of Creative Arts UiTM (CCA) x Anak Seni Asia (ASA) (Malaysia), N-Lions Taekwondo Demonstration Team-Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) (Korea), Miray Kawashima & Yuuka Koyama (Jepang), Chinese Youth Good wil Association (Taiwan).  Selain itu, tidak ketinggalan juga terdapat delegasi dari dalam negeri yang akan tampil dalam festival ini diantaranya berasal dari daerah Riau, Medan, Yogyakarta, Solo, Banjarmasin, Bandung, Kendari, Kalimantan Tengah, Kupang, Kutai, dan Medan. 


 Selain menghadirkan delegasi dari luar dan dalam negeri, SIPA 2023 juga menggandeng UMKM untuk turut serta memeriahkan festival seni tersebut. Kegiatan art mart merupakan terobosan baru dari pihak penyelenggara dimana sesuai dengan tajuk saat ini yaitu SIPA Urban Market. Berbagai produk kesenian akan dipamerkan seperti fashion, kerajinan, serta makanan dan minuman. Tentu dengan adanya art mart ini dapat membantu mendorong perekonomian serta kelestarian yang ada di kota Solo. Maka dari itu, panitia SIPA 2023 berniat menghadirkan pers sebagai bentuk penyebaran informasi mengenai Solo International Performing Arts 2023. Besar harapan bagi seluruh masyarakat agar mau dan antusias untuk menghadiri SIPA 2023 sebagai bentuk pelestarian budaya dan penghidupan kota Solo. (Farras, Ara)



SHARE THIS

0 Comments: