Jumat, 09 Desember 2022

Menutup Tahun 2022 dengan Gemerlap di Balai Kota Solo


Ilustrasi (Dok. Internet/Pinterest)


Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu di penghujung tahun 2022 ini. Beberapa orang memutuskan untuk berkumpul dengan keluarga, entah itu untuk liburan, sekadar bercengkrama, ataupun memakan makanan khas akhir tahun dan natal. Beberapa lainnya memutuskan untuk menetap di kota perantauan dan menghabiskan waktu akhir tahun sendirian. Namun, tak bisa terelakkan juga jika bulan Desember selain menunjukkan ke-khas-an bulan akhir tahun juga menjadi penanda dekatnya masa natal. 

Kota Solo tahun tampil beda dalam merayakan natal tahun ini. Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 29 November, pohon natal mengiringi jalan mulai dari daerah jenderal sudirman sampai balaikota. Di balai kota sendiri juga tak mau kalah gemerlap. Dengan ornamen natal dan berbagai lampu kelap kelip, Balai Kota Solo terlihat lebih meriah dan ramai. Bersiap menyambut natal tahun ini

Tak hanya ketika malam saja, namun sejak sore sudah banyak pengunjung yang datang ke balai kota, bersiap menyambut gemerlap lampu di malam hari. Saking ramainya Balai Kota Solo, Presiden Indonesia, Jokowi, sampai harus mengalami macet dalam kunjungannya ke Solo. Walau begitu, melihat antusias dari warga dapat terlihat tingginya tingkat toleransi di Kota Solo.

Para pemilik usaha kecil menengah pun tak perlu risau. Karena Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa para UKM bisa dengan mudah mendaftarkan diri menjadi panitia untuk bergabung di tengah keramaian balaikota sambil berjualan. 

Selain itu, beliau dengan tegas mengatakan bahwa balaikota adalah public space yang dapat digunakan untuk siapa saja. Wali Kota Solo tersebut juga mengatakan bahwa Balai Kota Solo bisa digunakan untuk event apapun dan tidak khusus untuk acara keagamaan saja. Masyarakat dibebaskan berfoto-foto atau sekedar datang dan meramaikan balaikota.

Dengan antusias yang tinggi, masyarakat tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Khususnya bagi kalangan remaja, sempat trending ‘balai kota date’ balai kota date sendiri mengandung maksud pergi jalan-jalan ke balai kota bersama dengan pasangan masing-masing. 

Melalui akun Twitter @UNSfess_ beberapa pengguna Twitter sempat mengirimkan menfess ajakan untuk balaikota date bersama-sama. Balai kota date ini dengan cepat menjadi tren di kalangan remaja Solo, mengingat sepertinya akan lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat. Bisa juga dijadikan ajang untuk mencari kenalan baru.

Akhir kata, entah apa yang mungkin masing-masing dari kita lalui sepanjang 2022 ini, mungkin banyak baiknya atau banyak buruknya, hanya kita sendiri yang tahu dan merasakan. Namun, seperti lembaran buku yang sudah sampai di bagian akhir, tahun 2022 boleh ditutup dengan perasaan senang ataupun lega. Berkumpul dengan orang-orang terkasih ataupun menikmati waktu sendiri untuk merenung. Bersiap untuk membuka lembaran baru di tahun 2023. (Tiurma Shirley)



SHARE THIS

0 Comments: