Sabtu, 27 Agustus 2022

Bangkitkan UMKM, Gojek Gelar Festival Kuliner Favorit Solo

 

Gapura Festival Kuliner (Dok. Zulfa)

Lpmvisi.com, Solo — Festival kuliner kembali diadakan di Kota Solo, kali ini digelar oleh Gojek di halaman Pura Mangkunegaran.

Kegiatan bertajuk “Festival Kuliner Favorit Solo” ini diselenggarakan mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus, dan dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB. Terdapat 40 jenis kuliner khas Kota Solo yang siap memanjakan lidah para pengunjung. Kuliner yang disajikan pun merupakan kuliner legendaris yang telah digemari masyarakat Solo dari tahun ke tahun. Seperti Sate Kere Yu Rebi, Dawet Selasih Bu Dermi, Jenang Ayu, dan masih banyak lagi.

“Gojek merasa perlu mengadakan event untuk membangkitkan UMKM pasca pandemi, dan terselenggara sebagai event terbesar gojek setelah pandemi. Selain itu kita juga berusaha mengedukasi masyarakat Solo untuk melakukan pembayaran yang lebih praktis menggunakan GoPay,” jelas Lyliana Haryanti selaku ketua panitia kegiatan tersebut.

Selain menyajikan beragam kuliner dari restoran-restoran pilihan di GoFood, serangkaian acara juga diadakan di Festival Kuliner ini seperti lomba fotografi, fashion show bertema pakaian adat Nusantara, tari tradisional, dan live music.

Peserta lomba Fashion Show (Dok. Zulfa)

Meskipun Lyliana mengaku dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan GoPay memerlukan waktu yang lama, namun terselenggaranya kegiatan ini mampu menaikkan penggunaan GoPay hingga menjadi 2.300 transaksi per dua hari terselenggaranya festival ini. 

“Sebagai anak kos yang jarang makan enak, kegiatan ini bisa jadi kabar baik karena banyak makanan enak dan ada cashback kalau bayar pakai GoPay, jadi sangat membantu anak kos,” tutur Nurul Izzah, salah satu pengunjung yang merupakan mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret.

Terselenggaranya Festival Kuliner Favorit Solo yang disambut baik oleh masyarakat, membuat Gojek berkeinginan untuk membuat kegiatan ini menjadi acara rutin.

“Kita ingin event-event seperti ini regular dan bisa berlanjut, karena bisa terlihat masyarakat Solo ini sangat rindu dengan event seperti ini. Mereka nggak perlu uang bensin lebih banyak untuk keliling, karena di satu tempat mereka bisa menemukan resto yang mereka sukai. Kegiatan ini juga berpengaruh besar pada kemajuan UMKM Solo, sehingga harapannya bisa berlanjut dan juga bisa melibatkan kuliner-kuliner yang baru merintis,” harap Lyliana di akhir wawancara. (Zulfa)


SHARE THIS

0 Comments: