Senin, 17 Juni 2019

Peringatan Waisak di Solo Tampilkan Pertunjukan Tari

Penari dari ISI Surakarta dan Yogyakarta mementaskan pertunjukan tari pada puncak acara Waisak 2563TB (15/06/2019). (Dok. Visi/Gede)

Lpmvisi.com, SoloSebuah pertunjukan tari ditampilkan dalam Peringatan Waisak 2563 TB (Tahun Buddhis) dengan tajuk "Praptaning Pratima" yang berlangsung pada Sabtu (15/06/2019) di Vihara Dhamma Sundara di Pelataran Vara Stupa Sala Budha Prakasha atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Candi Putih.

Peringatan Waisak tahun ini menampilkan berbagai pertunjukan tari dari penari ISI Surakarta dan Yogyakarta, sekolah minggu Buddhis Vihara Dhamma Sundara, dan muda mudi vihara Dhamma Sundara. Acara puncak peringatan Waisak kali ini menampilkan pertunjukan tari dari ISI Surakarta dan Yogyakarta yang menceritakan tentang dewa Indra yang merasa prihatin melihat kehidupan di dunia dan memberikan buddha rupang yang melambangkan ketenangan batin manusia.

Acara yang terbuka untuk umum  ini dihadiri oleh pengurus vihara se-Indonesia, wakil wali kota Surakarta, dan pemuka lintas agama Surakarta. Selain itu acara juga turut dimeriahkan oleh mahasiswa dari sekolah buddha di Wonogiri, Boyolali, Salatiga, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) serta masyarakat sekitar vihara dengan berbagai agama. "Kita membuka diri supaya masyarakat ikut menikmati kegembiraan dan keindahan pertunjukan seni budaya dan pesan dhamma (ajaran Buddha -red) yang universal yang bisa membangkitkan perenungan tentang nilai kebajikan didalam perayaan yang indah tetapi tidak melupakan pesan moral yang diselipkan dalam acara," ujar  Jaya Silo Lilik Suryono, salah seorang pengurus saat ditanya alasan mengapa acara keagamaan ini terbuka untuk umum.

Novi, Salah seorang pengunjung dari Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya, mengaku sangat puas dengan acara waisak tahun ini karena berbeda dengan tahun kemarin dengan mengundang masyarakat lintas agama dan juga pertunjukan tari yang megah yang menggabungkan tari Jawa dengan Thailand. (Bintang,Dania,Gede)


SHARE THIS

0 komentar: