Sabtu, 04 Mei 2019

Ketoprak juga Kekinian

Penampilan Ketoprak Ngampung dalam pagelaran "Kebak Kliwat Gancang Pincang", Jumat (03/05/2019). (Dok. Visi/Stella).


Lpmvisi.com, SoloPagelaran acara Ketoprak Ngampung dengan tema “Kebak Kliwat Gancang Pincang” yang berlangsung pada Jumat (03/05/2019) pukul 20.00 WIB di Gedung Ketoprak Taman Balekambang, Surakarta merupakan sebuah event dari Anucara Project yang ditujukan untuk khalayak umum, khususnya masyarakat Solo.

Sarah Diba Azari, sebagai ketua acara tersebut mengungkapkan bahwa acara ini memiliki tema utama yaitu literasi digital, maka dari itu tim Anucara Project mengangkat isu “Hoax” atau berita palsu yang dikemas dalam kesenian ketoprak. Hoax dalam ketoprak ini dikaitkan dengan arti bahwa bila tidak berhati-hati dalam melakukan sesuatu akan mendapat musibah. Dengan bertajuk “Kabar Kabur dari Kampung Kiwil”, judul yang diangkat pun sejalan dengan tema utama yaitu tentang penyebaran berita palsu yang membawa dampak kerugian.

Sarah juga mengungkapkan bahwa ia bersama tim memilih kesenian ketoprak sebagai media penyampai pesan karena ketoprak merupakan kebudayaan asli Solo yang ringan dan cocok untuk dimasuki tema-tema saat ini. Alasan lainnya, Anucara Project juga ingin mengangkat kembali kesenian ketoprak yang mulai ditinggalkan. Selain itu, dipilihnya lokasi acara di daerah Taman Balekambang adalah karena tempat tersebut merupakan salah satu ikon dari kota Surakarta.

 Dwi Mustanto (35), salah seorang lakon ketoprak mengungkapkan bahwa beliau salut dengan diadakannya acara ini. Sebab menurutnya, mayoritas anak muda saat ini telah melupakan kesenian ketoprak. Namun dengan adanya acara ini, beliau berharap dapat memberi kesan kepada generasi muda bahwa kesenian ketoprak itu keren, gaul, dan asik sehingga acara ini dapat membekas di hati para anak muda agar bisa lebih mencintai kebudayaan lokal.

Salah satu penonton dari kalangan mahasiwa, Agata (19) mengungkapkan bahwa ini merupakan acara ketoprak pertama yang ia tonton. ”Penokohan keren,semuanya keren”, imbuhnya. Ia juga berharap semoga lebih banyak lagi anak muda yang mau menonton acara ketoprak. (Nova, Stella)


SHARE THIS

0 komentar: