Minggu, 17 Maret 2019

Menikmati Eksotisme Memedi Sawah


Pengunjung melihat dan negabadikan foto karya perupa Hari Budiono dalam pameran memedi sawah (15/03/2019). (Dok. Visi/Bintang)
Lpmvisi.com, Solo - Bentara Budaya menghadirkan pameran seni rupa tunggal karya Hari Budiono dengan tema "Memedi Sawah". Ditangan seorang Hari Budiono, memedi sawah menjadi objek yang menarik dan unik karena telah membawa pandangan baru untuk melihat memedi sawah tidak hanya sekedar replika manusia untuk menakut-nakuti di sawah.

Pameran yang berlangsung pada 15-20 Maret 2019 di Balai Soedjatmoko Solo ini menampilkan karya instalasi berupa orang-orangan sawah. Orang-orangan tersebut ditata memegang wajah tokoh-tokoh Indonesia yang sedang tertawa, syair ibu pertiwi dan 8 lukisan karya Hari Budiono.

Lukisan tokoh tertawa yang sedang dipamerkan berasal dari berbagai kalangan seperti tokoh politik seperti Jokowi, Prabowo, Susi Pujiastuti, B.J Habibie, Dahlan Iskan dan lainnya.  Selain itu juga ada lukisan tokoh agama seperti Gus Mus dan Quraish Shihab, tidak lupa Hari Budiono juga mengikutsetakan kalangan selebritas seperti Ayu Tingting, Luna Maya dan masih banyak lagi.

Setelah subelumnya sukses di dua kota yakni Jakarta dan Bali, kini Solo menjadi kota ketiga dalam tour pameran Memedi Sawah dan akan berakhir di Jogja. Pada tiap kota yang menjadi lokasi pameran terdapat perbedaan display yang disesuaikan dengan kondisi khas kota masing-masing "Terdapat perbedaan display dari setiap kota, tetapi khas utama yaitu display memedi sawah yang berjajar membawa teks lirik lagu Ibu Pertiwi," ujar Jabri, salah satu panitia.

Pengunjung pameran memedi sawah berasal dari berbagai kalangan baik itu anak muda, dewasa bahkan orang tua. Cindy salah satu pengunjung mengaku merasa senang dan puas dengan diadakannya pameran ini karena pameran Memedi Sawah ini unik dan beda dari pameran lainnya. (Bintang, Rizka, Syam)



SHARE THIS

0 komentar: