Minggu, 10 Maret 2019

Bingkai Kreativitas Kearifan Lokal dalam FISIP Festival

Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam Open House FISIP Festival (08/02/2019). (Dok. Visi/Ulfa)



Lpmvisi.com, Solo - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menghadirkan Open House FISIP Festival dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS yang ke-43. Acara yang diselenggarakan di halaman FISIP pada Jumat (08/02/2019) ini mengusung tema “Semangat Bela Negara.”


Tema “Semangat Bela Negara” memilki konsep untuk memunculkan nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan budaya lokal. Acara yang sudah dipersiapkan sejak  bulan Februari dan berlangsung selama dua hari ini merupakan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa. Salah satunya diisi pameran dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di FISIP. “Setiap UKM diwajibkan memunculkan semangat kebangsaan, namun berprestasi. Kita juara di era global tetapi kuat di dalam kebangsaan.” Jelas Rutiana Dwi Wahyuningsih selaku ketua penyelenggara.

Oleh karena itu, setiap UKM menyajikan kreatifitas dalam mendukung semangat bela negara melalui ciri khas masing-masing. Beberapa contoh di antaranya karya penelitian tentang politik yang disuguhkan oleh Center of Social and Political Research (CENSOR). Pameran fotografi yang bertajuk kebangsaan dari Fisip Fotografi Club (FFC) dan karya tentang Eksistensi Budaya Solo yang dikemas dalam majalah oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) VISI.

Selain pameran UKM, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan. “Peringatan Dies Natalis untuk Open House FISIP diisi hiburan dari UKM, stand up comedy, tari tradisional, dan paduan suara mahasiswa Hubungan Internasional (HI).” ujar Isnaini Khoirunnisah, selaku panitia, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi 2016 tersebut.

“Perhelatan Festival Dies Natalis UNS ke-43 diharapkan dapat membawa kegembiraan, mewujudkan nilai-nilai gotong royonng antara dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik serta atensi dukungan dari mahasiswa.” pungkas Rutiana. (Bintang, Ulfa)


SHARE THIS

0 komentar: