Sunday, November 25, 2018

Parkiran Jazz Goes to Campus Tampil Perdana di FISIP UNS

Salah satu penampilan dalam Parkiran Jazz Goes to Campus di Hutan FISIP UNS pada Kamis (22/11/2018).
(Dok. VISI/Metta)


Lpmvisi.com, Solo – Setelah sukses menggelar pertunjukan musik jazz bertajuk “Parkiran Jazz” setiap dua bulan sekali dalam beberapa tahun belakangan ini, Bentara Budaya Solo mulai melebarkan sayapnya untuk membawa musik jazz ke lingkungan kampus. Mengusung nama “Parkiran Jazz Goes to Campus”, Bentara Budaya Solo menunjuk Universitas Sebelas Maret (UNS), tepatnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), sebagai kampus pertama yang dikunjunginya.

Berlokasi di Hutan FISIP UNS, Bentara Budaya Solo menggelar Parkiran Jazz Goes to Campus untuk yang pertama kalinya pada Kamis (22/11/2018). Parkiran Jazz Goes to Campus menyuguhkan jajaran pemain musik jazz seperti Alfado and Friends, Jason Limanjaya, Solo Jazz (Sojazz), Sketsa UNS, serta menggandeng Komunitas Musik FISIP (KMF) UNS.

Muhammad Safroni selaku Koordinator Bentara Budaya Solo mengaku membawa Parkiran Jazz ke lingkungan kampus karena ingin lebih dekat dengan anak-anak muda sekaligus memperkenalkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh Bentara Budaya Solo. Koordinator Bentara Budaya Solo yang akrab disapa Roni tersebut juga membubuhkan harapannya supaya anak-anak muda dapat mengapresiasi acara-acara yang diselenggarakan Bentara Budaya Solo dan berminat untuk bergabung.

“Parkiran Jazz ini bagian acara rutin yang kami selenggarakan. Masih banyak acara lain yang mungkin itu bisa diapresiasi oleh teman-teman mahasiswa juga,” jelas Roni saat ditemui VISI di sela-sela acara.

Menurut penjelasan Roni, Bentara Budaya Solo menyelenggarakan Parkiran Jazz bekerjasama dengan Sojazz Society untuk merancang setiap acaranya. Sojazz yang merupakan wadah bagi komunitas pemusik jazz di Kota Solo tersebut akan mengajak komunitas-komunitasnya untuk tampil bergantian di Parkiran Jazz. Penampil dalam Parkiran Jazz pun akan berbeda-beda dalam setiap penyelenggaraannya.

Untuk penyelenggaraan Parkiran Jazz Goes to Campus di FISIP UNS, Roni menceritakan, hal tersebut bermula dari pembentukan Komunitas Bentara Muda yang banyak diisi oleh mahasiswa-mahasiswi FISIP UNS.

“Kita mencoba membawa acara ini ke FISIP sebagai awalan yang mungkin berikutnya kita akan pentas di fakultas lain atau mungkin di kampus lain,” sambung Roni.

Parkiran Jazz Goes to Campus ramai oleh pengunjung. Koordinator Bentara Budaya itu pun mengakuinya. Ia menyebutkan, “Melihat dari audiensnya, ini bagus sekali.” Ia menambahkan, Bentara Budaya tidak menargetkan berapa banyak pengunjung yang hadir. “Kami (menyelenggarakan Parkiran Jazz Goes to Campus –red) lebih untuk memberikan wadah supaya para mahasiswa dapat mengapresiasi musik jazz,” sambung Roni.

Pengunjung Parkiran Jazz Goes to Campus tidak hanya berasal dari mahasiswa FISIP saja, banyak mahasiswa dari fakultas lain yang turut hadir mengapresiasi. Bahkan, tak sedikit yang berasal dari lingkungan luar UNS.

Ata dan Virgin, dua mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 UNS, mengaku sangat senang dengan hadirnya musik jazz di lingkungan kampus mereka. “Seru karena musik jazz ini termasuk hiburan yang jarang ada di kampus,” ungkap Virgin. Ata pun berkomentar senada dengan Virgin dan menyampaikan harapannya supaya Parkiran Jazz Goes to Campus dapat terus berlanjut. “Semoga bisa jadi acara tahunan dan diselenggarain di fakultas lain juga,” pungkas Ata. (Metta)



SHARE THIS

0 comments: