Sunday, April 22, 2018

Sachin Gopalan : “Kami Harus Bawa Acara Ini ke Daerah!”


Pengunjung dapat menempelkan post-it berisi harapan bagi bangsa melalui inovasi dan teknologi pada BEKRAF Habibie festival 2018 (Dok.VISI/Rian)



Lpmvisi.com, Karanganyar – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Habibie Festival 2018 Resmi dibuka pada Jumat (20/04/2018) hingga Minggu (22/04/2018). Bertempat di De Tjolomadoe, Karanganyar, acara ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Bekraf kali ini hadir dengan mengusung tema ‘Technology and Innovation for People: Lihat, Sentuh dan Rasakan Teknologi Inovasi Terbaru untuk Masa Depan Lebih Baik’. Festival ini mewadahi seluruh lapisan kreatif masyarakat mulai dari industri besar, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta makers (inisiator teknologi).

Sachin Gopalan selaku penyelenggara acara menyampaikan bahwa Habibie telah mengamati perkembangan dan respon masyarakat yang luar biasa terhadap Bekraf dari tahun ke tahun. Maka ia pun membenarkan jika Bekraf Habibie Festival dilaksanakan di Solo bukan tanpa alasan.

“Kami harus bawa acara seperti ini ke daerah karena jantung ekonomi di masa depan terletak di daerah, bukan di pusat-pusatnya.”  Ungkap Sachin Gopalan kepada VISI.

Presiden Direktur sekaligus CEO Orbit Ventura  tersebut juga menambahkan bahwa Solo Raya dirasa memiliki potensi besar terhadap pertumbuhan inovasi pada sektor-sektor ekonomi baru yang akan berkembang lima hingga sepuluh tahun mendatang di Jawa Tengah. Sektor-sektor ekonomi tersebut seperti Robotics, Programming, Coding, serta Artificial Intelligence sebagai future growth industry.



Suasana pengunjung pada hari pertama Bekraf Habibie Festival 2018 pada Jumat, (20/04/2018) di De Tjolomadoe, Karanganyar (Dok. VISI/ Rian)



Sachin Gopalan menyebutkan bahwa Solo memiliki peluang untuk berinovasi yang lebih tinggi karena desain, seni, dan budaya di Solo pun terbilang tinggi. “Pak Habibie juga begitu. Beliau orang dari Parepare, bukan orang dari ibu kota. Jadi saya yakin Indonesia bisa maju dengan orang-orang dari manapun,“ pungkasnya. 

Acara ini juga mengundang respon positif dari masyarakat. Seperti Adi, salah seorang pengunjung yang menyampaikan ketertarikannya pada Bekraf Habibie Festival 2018. "Konsep acara ini lumayan bagus. Semoga ke depannya bisa dikembangkan dengan tampilan yang lebih variatif,” ungkapnya. (Atta, Rian)


SHARE THIS

0 comments: