Tuesday, March 6, 2018

Rayakan Dies Natalis Ke-42, UNS Gelar Berbagai Acara

Ravik Karsidi, selaku Rektor UNS, menyapa pengunjung setibanya di UNS bersama rombongan karnaval.
(Dok. VISI/Metta)


Lpmvisi.com, Solo Universitas Sebelas Maret (UNS) gelar Perayaan Dies Natalis UNS ke-42 dengan menyelenggarakan karnaval sebagai pembuka perayaan pada Selasa (06/03/2018). Berlokasi di pelataran Gedung dr. Prakosa, Kantor Pusat UNS, rangkaian acara lainnya seperti Pameran Produk Unggulan, Layanan Seribu e-KTP, dan Panggung Hiburan turut diselenggarakan. Pengunjung masih dapat menikmati gelaran tersebut hingga besok, Rabu (07/03/2018). 

Rombongan karnaval, yang berangkat dari Pagelaran Keraton Kasunanan, tiba di Kampus Kentingan sekitar pukul sebelas siang. Penyelenggaraan karnaval ini menggambarkan perpindahan UNS ke Kentingan. Dengan menampilkan karya-karya UNS beserta mitra, sebanyak tiga ratus peserta bergabung dalam rombongan karnaval. Ravik Karsidi, selaku Rektor UNS, turut meramaikan karnaval dengan manaiki mobil hias. 

Bendera setiap fakultas di UNS dibawakan pada Karnaval Peringatan Dies Natalis UNS ke-42. (Dok. VISI/Metta)

Tak hanya memeriahkan acara karnaval, setiap fakultas di UNS turut berpartisipasi dalam Pameran Produk Unggulan dengan memamerkan karya masing-masing. Fakultas Pertanian (FP), salah satu fakultas yang berpartisipasi dalam pameran, mengkolaborasikan karya mereka dari setiap program studi (prodi), produk penelitian dosen, serta produk-produk dari UKM Dampingan Dosen. Ahmad Thoyib selaku panitia di stan milik FP, menjelaskan, “di sini kami lebih berusaha untuk menonjolkan produk dari setiap prodi.”

Mahasiswa Prodi Agribisnis 2015 tersebut juga menceritakan tingginya antusiasme pengunjung hari ini. “Tadi sudah banyak banget yang datang dan anggrek-anggreknya sudah terjual,” ujarnya kepada VISI.

Potret beberapa produk karya mahasiswa Fakultas Pertanian pada Pameran Produk Unggulan. (Dok. VISI/Metta)

Dalam rangkaian acara Dies Natalis UNS ke-42, UNS memberikan Layanan 1000 e-KTP untuk mempermudah masyarakat dalam membuat KTP maupun memperbarui KTP yang sudah rusak. Rifta Arini selaku panitia menyebutkan, “Targetnya, kami menyediakan lima ribu untuk Jawa Tengah dan seribu untuk penduduk luar Jawa Tengah,” Dalam pelaksanaannya, panitia menyediakan lebih dari satu stan untuk mengantisipasi antrian yang terlalu panjang.

Pelayanan pembuatan e-KTP dalam acara Dies Natalis UNS ke-42 pada Selasa (06/03/2018). (Dok. VISI/Metta)

Gelaran Dies Natalis UNS ke-42 tentunya tak lepas dari komentar para pengunjung. Tiara, salah satu pengunjung, mengaku tertarik dengan rangkaian acara tersebut. “Acaranya cukup menarik. Nggak hanya menarik buat mahasiswanya sendiri tapi juga bermanfaat buat masyarakat sekitar,” jelas Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 2014 tersebut.

Saat ditanya soal harapannya untuk UNS, Tiara berharap UNS dapat mewujudkan cita-citanya untuk menjadi universitas kelas internasional. “Semoga pengembangan fasilitas di setiap fakultas dan di setiap kelas-kelasnya bisa lebih diperhatikan. Administrasi juga lebih dipermudah,” sambungnya. (Metta)


SHARE THIS

0 comments: