Sunday, November 19, 2017

Berburu Bacaan di Susano Book

Tampilan etalase buku di Susano Book. Dok.VISI/Sekar
Lokasinya memang bukan di pinggir jalan yang begitu mudah ditemukan seperti toko buku pada umumnya. Hanya mengambil tempat di Lantai Dua Pasar Panggungrejo kawasan Jebres, tepatnya belakang kampus Universitas Sebelas Maret. Meski kecil, toko buku yang diberi nama Susano Book itu terbilang lengkap menjual aneka ragam buku, terutama buku-buku penerbit indie.

Buku-buku yang dijual tertata rapi dalam rak-rak kecil di tiga kios berukuran 3 x 3 meter. Berbagai jenis buku sangat mudah ditemukan di toko buku yang baru sekitar enam bulan dibuka itu. Mulai dari fiksi, novel, biografi, hingga buku-buku kuliah yang banyak dicari para mahasiswa. Selain harganya yang terjangkau, Susano Book kerap memberikan promo dan potongan harga di setiap produknya.

Toko buku itu tidak hanya menerima pelayanan penjualan buku di toko saja. Mereka juga melakukan promosi di berbagai platform jual beli daring. Santi, pemilik sekaligus pendiri Susano Book mengaku hal tersebut lebih menjanjikan mengingat perkembangan zaman yang menuntut segala sesuatu berbasis daring. 

"Kami juga melayani penjualan buku secara online, jadi pembeli dari jauh tak perlu repot-repot ke lokasi kami," ujar Santi.

Selain lebih efektif dan jangkauannya yang luas, menjual secara daring membuat produk buku-bukunya bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Konsumen bisa datang dari dalam dan luar kota. Tak jarang pembaca dari luar provinsi turut memesan buku di Susano Book.

Susano Book juga melayani pre-order buku. Bagi peminat yang ingin membeli buku-buku yang direncanakan terbit atau stoknya terbatas, dapat memesannya terlebih dahulu dan menunggu beberapa hari untuk mendapatkannya. Buku yang telah dipesan atau dibeli secara daring oleh  pembeli lalu dikirimkan melalui jasa pengiriman barang untuk yang di luar kota, atau bisa juga  dengan jasa trasnportasi daring untuk yang berada di sekitar Solo.

Tak hanya itu, toko buku yang buka mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore ini juga menyediakan taman bacaan mini yang memungkinkan para pengunjung membaca buku-buku pilihan di tempat. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa kerap mengunjungi toko buku ini untuk membeli ataupun hanya sekedar membaca buku-buku di taman bacaan.

Meski belum terlalu populer di kalangan mahasiswa UNS yang notabene merupakan kampus terdekat dengan Susano Book, ada saja sebagian dari penghuni Kampus Kentingan yang sudah rutin menjatuhkan pilihan membeli buku di toko tersebut. Fitri (19) , salah satu mahasiswa UNS yang kerap membeli buku di Susano Book mengaku memilih toko tersebut tak hanya karena lokasinya yang dekat. Lebih dari itu, yang digemarinya dari Susano Book adalah pre order untuk buku-buku baru. Bagi mahasiswi yang hobi membaca novel terjemahan ini, buku-buku di Susano book harganya relatif sesuai dengan kantong mahasiswa, dan pelayanannya tak pernah tidak ramah.

"Cukup ramah, leluasa untuk mencari buku sendiri, semoga semakin ramai dikunjungi oleh pengunjung dan tempatnya semakin luas." pungkasnya. (Yuni, Laila)

SHARE THIS

0 comments: