Wednesday, October 25, 2017

Menghadapi Era Cara Baru

Judul: Disruption Penulis: Rhenald Kasali Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman: 528 Tahun: 2017 ISBN: 9786020338682. (Dok. Internet)
Disrupsi berarti inovasi yang akan menggantikan sistem lama dengan cara–cara baru. Disrupsi berpotensi menggantikan pemain–pemain lama dengan yang baru. Menggantikan teknologi lama serba fisik dengan teknologi digital yang benar–benar baru, lebih efisien, dan lebih bermanfaat.

Buku ini menggambarkan potret dunia. khususnya di Indonesia dalam menghadapi era disrupsi. Di dalam buku banyak digambarkan peradaban baru yang disebut dengan peradaban uber, dimana tercipta dunia baru yang berupa marketplace

Model bisnis yang dulu owning economy sekarang menjadi sharing economy. Tradisi lama yang identik dengan on the lane economy kini beralih menjadi on demand economy. Rhenald Kasali menegaskan bahwa dalam era ini dibutuhkan disruptive regulation, disruptive culture, disruptive midset dan disruptive marketing.

Tidak hanya memberikan contoh kasus, Rhenald Kasali juga memberikan panduan bagaimana disrupsi sebaiknya dilakukan dan bagaimana reaksi incumbent jika merasakan dampak dari disrupsi. Di akhir buku Rhenald Kasali menuliskan kalimat penutup bahwa perubahan era saat ini tidak bisa disangkal. 

Kita perlu memandang secara jernih dan memahami betul teori dan teknologi agar dapat menciptakan perubahan. Kita harus berdamai dan menciptakan cara–cara baru untuk menyebut era baru yang lebih inklusif pada hari esok.

SHARE THIS

0 comments: