Friday, March 24, 2017

Kenalkan ASEAN, Pusat Studi ASEAN dan HIMATERS FISIP UNS Adakan Kuliah Umum


Dok. Internet
lpmvisi.com, Solo - Pusat Studi ASEAN UNS bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himaters) FISIP UNS adakan kuliah umum ASEAN (22/03). Acara yang berlangsung di Ruang Sidang lantai dua Gedung Pusat Dr. Prakosa tersebut dihadiri oleh mahasiswa, baik dari UNS maupun luar UNS. Duta besar Filipina untuk ASEAN H. E. Ambassador Elizabeth P. Buensucesco menjadi pembicara dalam kuliah umun tersebut.

Kegiatan kuliah umum ASEAN tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan ASEAN pada masyarakat, khususnya mahasiswa.“Kita ingin memperkenalkan ASEAN lebih luas lagi, tidak hanya negara-negara tertentu saja, tetapi ASEAN juga akan kita buatkan sebuah ASEAN Corner di UNS,” ungkap Ign. Agung Setyawan, Kepala Pusat Studi ASEAN UNS.

Agung juga menjelaskan kepada VISI bahwa kuliah umum tersebut bertujuan untuk menyuarakan eksistensi ASEAN yang lebih hidup lagi. Sehingga, tidak hanya kebijakan-kebijakannya saja yang terlihat, tetapi juga bukti konkretnya.

Selain pengenalan tentang ASEAN, kuliah umum tersebut juga memaparkan visi ASEAN 2025. Visi ASEAN tersebut adalah perdamaian, kestabilan, dan persatuan dalam keberagaman. ASEAN juga ingin mewujudkan masyarakat yang selalu siap terhadap tantangan dan terbuka kepada negara di luar ASEAN, namun tetap menjaga persatuan negara-negara ASEAN.

"ASEAN menyajikan program-program yang dapat diakses masyarakat, berbasis centrality, dengan berorientasi pada people-people connection supaya masyarakat juga dapat berpartisipasi," pungkas Agung. (Nay)

SHARE THIS

0 comments: