Tuesday, July 5, 2016

Tim Jupiter, Tim Aerobatik Kebanggaan Indonesia

Dok. internet

Pernahkah kamu mendengar sebutan Tim Jupiter?  Ya, Tim Jupiter adalah kelompok aerobatik yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI )Angkatan Udara (AU).  Tim aerobatik ini dibentuk sejak tahun 1996 ,yang pada awal perkembangannya menggunakan pesawat Hawk MK-53 sebanyak 4 unit.  Istilah Jupiter sendiri diambil dari sebutan para instruktur penerbang yang bertugas mengajar di landasan udara Adisutjipto, Yogyakarta.

Aksi manuver Tim Jupiter (Dok. Internet)

Tim Jupiter menampilkan aksi manuver mereka ke publik pertama kali pada tanggal 5 Oktober 1997 yang bertepatan dengan HUT TNI . Namun sayangnya, Tim Jupiter sempat mengalami  vakum selama beberapa tahun. Hingga akhirnya pada tahun 2008, TNI Angkatan Udara kembali membangkitkan eksistensi Tim Jupiter dan melakukan penggantian pesawat, dari jenis Hawk MK-53 beralih ke jenis KT-Wongbee buatan Korea yang tentunya mengalami perubahan pada tampilannya sehingga terlihat merepresentasikan negara Indonesia dengan mengusung warna merah dan putih

Pesawat KT- Wongbee (doc. VISI/ Prasasti)
Tim Jupiter kembali tampil dihadapan khalayak pada tanggal 4 Juli 2008, yang bertepatan dengan wisuda kelulusan siswa  Sekolah Penerbang TNI AU. Lalu siapakah para pilot dibalik Tim Jupiter ini? Para pilot dari Tim Jupiter adalah pilot terbaik yang berasal dari lulusan Akademi Angkatan Udara, dan tentunya dari Korps Penerbang. Menjadi pilot untuk tim aerobatik bukanlah hal yang mudah, diperlukan skill , latihan dan perencanaan yang matang, mengingat resiko yang dihadapi dibalik manuver- manuver yang memukau sangatlah fatal. Tim Jupiter pernah mengalami kecelakaan pada saat menggelar gladi bersih untuk event Langkawi International Maritime and Aerospace pada tahun 2015 silam, dimana dua pesawat bersenggolan satu sama lain saat berlatih manuver sehingga hilang kendali.
Dua Pesawat Tim Jupiter yang bertabrakan di Langkawi (Dok. internet)
Tim Jupiter TNI Angkatan Udara sering tampil pada acara- acara berskala nasional maupun internasional seperti HUT TNI, Gebyar Dirgantara,  Singapore Airshow pada tahun 2014, dan Asia Fair pada tahun 2011. Dengan memiliki manuver yang atraktif serta mampu menjadi duta angkasa Indonesia, pada tahun 2014 Tim Jupiter diberi penghargaan oleh Kepala Staf Angkatan Udara , yang saat itu dijabat oleh Marsekal Ida Bagus Putu Dunia. Nah kalau kamu ingin tahu lebih tentang Tim Jupiter, kamu bisa follow Instagram @jupiteraerobaticteam .Untuk melihat pertunjukan secara langsung kamu bisa datang pada saat Gebyar Dirgantara atau Jogja Air Show yang digelar setiap tahunnya. (Prasasti)

SHARE THIS

0 comments: