Sunday, July 10, 2016

Pedoman Cara Berkomunikasi Pemimpin yang Baik

Dok. Visi/Hernowo

Oleh : Hernowo Prasojo

Judul               : Kepemimpinan dan Komunikasi
Penulis            : Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A.
Penerbit          : Alumni
Cetakan           : V, 1986
Tebal                : 116 halaman
Katalog            : 302.2 Eff K9

Di sekitar kita, dapat kita temukan pemimpin-pemimpin yang memiliki program yang baik, niat yang baik, serta visi misi yang baik. Akan tetapi mereka gagal menjalankan programnya, serta dibenci oleh pengikutnya hanya karena komunikasi mereka yang tidak begitu baik. Kebijakan yang baik jika tidak dikomunikasikan dengan baik dapat menghasilkan sesuatu yang gagal. Sedangkan kebijakan yang biasa, tetapi dikomunikasikan dengan baik hasilnya justru menjadi luar biasa. Oleh karena itulah bagi seorang pemimpin, kemampuan komunikasi amatlah penting. Bukan sekedar harus membuat nyaman orang-orang yang dipimpinnya. Tetapi harus bisa menggerakkan dan membuat anggotanya mengikuti keinginan pemimpin tersebut.

Buku yang berjudul “Kepemimpinan dan Komunikasi” ini memiliki sasaran terhadap orang yang ingin menjadi seorang pemimpin. Pemimpin disini bukan sekedar berhasil mengatur dan mengkoordinir ribuan orang. Akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana seorang pemimpin dapat dicintai oleh rakyatnya. Sehingga dalam setiap kepemimpinannya, dapat membuat anggotanya melakukan apa yang dia perintahkan dengan suka rela, dan tanpa paksaan. Dengan cara demikian suasana dari suatu kelompok akan menjadi menyenangkan serta mencegah perpecahan dalam kelompok itu sendiri.

Buku ini sendiri terbagi dalam sebelas bab, di mana setiap bab yang ada di sampaikan secara terstruktur dari Bab satu yang membahas definisi serta fungsi kepemimpinan hingga bab terakhir yang menjelaskan peranan pemimpin dalam komunikasi. Bab-bab serta topik-topik dalam buku ini disampaikan dengan lugas, jelas serta tidak berbelit-belit. Jika pembaca adalah orang yang suka dengan bacaan yang straight to the point maka buku ini amatlah cocok. Dalam buku ini juga dijabarkan beberapa teori-teori yang berhubungan dengan ilmu komunikasi dan bagaimana teori tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam menjadi serang pemimpin seperti teori model komunikasi Harold Lasswell, Teori dalam komunikasi antar pribadi dan lain sebagainya.

Dibalik kelebihan-kelebihan yang ada tentulah buku ini juga memiliki kelemahan. Buku ini mempunyai 116 halaman, namun dengan ukuran kertas kurang lebih sebesar A5 ditambah dengan font dan spasi yang cukup besar. Sehingga dapat dibaca dalam waktu beberapa jam saja serta banyak bab yang bahasannya terasa kurang mendalam.

Buku ini sepertinya memang didesain lengkap namun dengan konten yang masih sebatas menggores permukaan saja. Namun demikian kemampuan Drs Onong Effendy dalam menyusun berbagai macam topik dalam buku yang terhitung tipis memang patut kita apresiasi. Drs Onong Effendy sendiri bukanlah orang baru dalam dunia komunikasi. Sampai saat resensi ini dibuat, beliau  telah mengarang banyak buku yang telah dijadikan referensi bagi dunia pendidikan komunikasi diantaranya Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Dinamika Komunikasi, Ilmu, Teori dan filsafat Komunikasi serta masih banyak lagi.

SHARE THIS

0 comments: