Saturday, March 12, 2016

Presiden Jokowi Hadiri Lustrum UNS ke-8

Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo memberikan kuliah umum dalam sidang senat terbuka menyambut lustrum ke 8 UNS
Lpmvisi.com, Solo - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri acara puncak Dies Natalis ke-40 atau Lustrum ke-8 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Jumat (11/3) di Auditorium UNS.

Dalam kesempatan itu Jokowi memberikan kuliah umum kepada seluruh masyarakat dan civitas akademika UNS berkaitan tentang Internasionalisasi berbasis budaya yang menjadi tema Lustrum UNS tahun ini.

Dalam kuliahnya, Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia dihadapkan kepada persaingan antara negara, bukan hanya dalam lingkungan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Namun juga merambah kepada blok-blok Perdagangan Dunia. Beliau menambahkan, bahwa produktifitas, efisiensi, dan etos kerja harus disiapkan untuk mengahadapi persaingan tersebut, sehingga perguruan tinggi harus mampu menjawab tantangan tersebut dengan menyiapkan sumber daya dan mengembangkan riset untuk kepentingan masyarakat kedepannya. Jokowi mengapresiasi UNS yang memposisikan diri sebagai kampus bagi wong cilik dan fokus dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Selain itu, acara ini turut dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh penting, diantaranya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi  Muhammad Nasir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, serta Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo. Pada kesempatan yang sama, UNS juga memberikan apresiasi kepada alumninya yang dianggap berprestasi dan juga memberikan penganugrahan kepada Mantan DPR, Akbar tanjung yang berkontribusi dalam bidang politik, dan mantan Menteri Koperasi dan UKM, Adi Sasono yang juga berkontribusi dalam bidang sosial. (Wahyu)

SHARE THIS

0 comments: