Thursday, December 24, 2015

Warga Masih Antusias Berebut Gunungan


Dok. VISI/Bima

lpmvisi.com, Solo- Ribuan warga padati pelataran Masjid Agung Surakarta untuk menyaksikan kirab Grebeg Maulud yang diarak dari keraton Kasunanan Hadiningrat pada hari kamis (24/12/2015).

Grebeg Maulud menjadi puncak dari perayaan sekaten, sekaligus peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Walau selalu dilaksanakan tiap tahunnya, warga masih antusias menyaksikan ritual sakral ini.

Salah seorang pengunjung, Jum (60) mengaku baru kali ini melihat grebeg maulud. "Dari kecil pengen ngrasakke (merasakan – red) rebutan gunungan mbak," ujar Jum.

Berbeda dengan Jum, pengunjung lain, Tasa (45), mengaku rela jauh-jauh dari wonogiri untuk menyaksikan ritual sakral ini. "Tiap tahunnya selalu kesini mbak, terus rebutan gunungan," ungkapnya.

Total ada 6 gunungan (3 pasang) yang dikeluarkan oleh Keraton Surakarta pada tahun ini. Gunungan tersebut berupa hasil bumi yang dipercaya membawa berkah.

Puncak perayaan ini dimulai sekitar pukul 10.30 WIB. Setelah enam gunungan masuk ke halaman Masjid Agung dan selesai dipanjatkan doa, enam gunungan tersebut habis dalam sekejap diperebutkan warga. (Yasinta)


SHARE THIS

0 comments: