Saturday, October 31, 2015

HALO Project: “Bermain Musik Jazz Itu Harus Pakai Feel”

Dok.VISI/Asti
lpmvisi.com, Solo – Grup musik jazz HALO Project menjadi salah satu pengisi acara Parkiran Jazz di Balai Soedjatmoko pada Kamis malam (29/10). Membawakan tiga lagu yakni Joget Khayangan milik Dewa Budjana, Rock With You milik Michael Jackson dan musik instrumental berjudul Hardwired, HALO Project mampu mebuat penonton cukup antusias dengan penampilan mereka.
Saat disinggung soal tema yang diangkat pada Parkiran Jazz kali ini, HALO Project mengakui kalau tema ‘Fusion Jazz’ kali ini memang sedikit sulit dibanding biasanya. “Sebenarnya dalam bermusik jazz kita dituntut untuk bisa segala jenis dari musik jazz itu sendiri. Tapi untuk Fusion Jazz memang lebih sulit, apalagi untuk drummer seperti saya. Sebab, ritmenya harus rigid dan presisinya harus tepat,” ungkap Daniel Agung Nugroho, additional drummer di HALO Project yang juga menjadi salah satu anggota Solo Jazz Society.
Untuk tampil di Parkiran Jazz kali ini, diakui Daniel bahwa HALO Project tidak melakukan latihan khusus dan hanya latihan rutin seperti biasa. “Latihan rutin setiap hari itu memang sudah bentuk kedisiplinan kita. Saya akui main musik jazz itu tidak mudah. Kita harus bisa improvisasi pada musiknya, jadi ya memang harus pakai feel,” tutur pria lulusan Sastra Inggris ini. Additional drummer di band yang baru enam bulan berdiri ini mengakui bahwa dalam bermain musik jazz, semua pemain harus bisa saling mendukung untuk bisa menyajikan musik yang bagus.
Daniel menambahkan bahwa HALO Project sendiri masih belum memiliki album, karena dari awal tujuan bermusiknya memang bukan untuk tujuan komersil. Semua murni karena mereka memiliki passion di musik jazz. HALO Project lebih sering menggunakan Youtube dan event-event jazz untuk berbagi karya dan performance mereka. Itulah mengapa HALO Project sangat mendukung acara seperti Parkiran Jazz ini. Menurut mereka acara ini bisa menjadi wadah untuk orang-orang yang mau belajar dan share tentang musik jazz. (Asti)

SHARE THIS

0 comments: