Sunday, September 27, 2015

Ratusan Pelajar Solo Pamerkan Hasil Karya di Kreasso 2015

Dok.VISI/Dela
lpmvisi.com, SOLO - Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso) yang ke enam kembali digelar pada tanggal 25-27 September 2015 di benteng Vastenburg, Solo. Dengan tema “Kembangkan Potensi Ukir Prestasi”, Kreasso tahun ini dimeriahkan berbagai acara mulai dari pentas seni dan pameran hasil karya siswa, hingga stand makanan dan minuman.
“Di Kreasso ini, kita fokus ke prestasi pelajar di Kota Solo. Ada dua sekolah yang menang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FSL2N), yaitu SMA N 8 dan SMA Batik,” jelas Airlangga, Humas Kreasso 2015. Untuk jumlah peserta, Airlangga mengatakan, peserta terdiri dari berbagai jenjang sekolah, mulai dari Tk sampai SMA/SMK. Untuk peserta dari jenjang SMP dan SMA, kata dia, bergantung apakah sekolahnya ingin mengajukan peserta atau tidak. “Sedangkan peserta di tingkat TK dan SD, tergantung pada UPTD di kecamatan masing-masing,” tambahnya.
Berbagai karya baik di bidangseni, tekhnologi, hingga ilmu terapan hasil karya pelajar Kota Solo dapat ditemui di setiap stan sekolah masing-masing. Ada kreasi limbah plastik dari SMPN 4 Surakarta, briket dari SMPN 1 Surakarta, robot Line Followers dari SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, cosplay dari SMAN 8 Surakarta, keterampilan sangkar dan sapu dari SLB Panca Bhakti, dan masih banyak karya lainnya.
Salah satu peserta pameran yang juga siswa dari SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, Ahmad Ikhsan, mengatakan, acara Kreasso ini memiliki berbagai manfaat terutama untuk pelajar di Kota Solo.“Sangat bermanfaat, selain untuk ajang kumpul-kumpul, juga sebagai motivator. Karena secara tidak langsung, kita tahu kalau di sekolah lain juga memiliki potensi yang tidak kita ketahui. Kita juga bias memberitahu pada masyarakat bahwa sekolah kami juga bias buat robot, dan lain-lain,” ungkapnya.
Kreasso sendiri merupakan acara tahunan yang mulai sejak tahun 2010. Saat itu ada komunitas pelajar yang ingin membuat event untuk, dari, dan oleh pelajar. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga Kota Solo, media partner dan sponsor, acara ini seluruhnya dipanitiai oleh siswa-siswi SMA dan SMK di Kota Solo. (Dela)



SHARE THIS

0 comments: