Tuesday, March 10, 2015

UNS Bangun Gedung Perpustakaan Rp100 Milyar


Dok/Internet

lpmvisi.com, Solo - Pembangunan gedung perpustakaan pusat UNS yang dimulai pada September 2014 lalu sampai saat ini masih berlangsung. Pembangunan gedung setinggi 8 lantai tersebut ditafsir menghabiskan biaya sebesar Rp 100 Milyar. “Dana tersebut berasal dari universitas dan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara),” tutur Widodo, selaku kepala bagian Perpustakaan Pusat, Senin (9/3/2015).

Widodo menjelaskan, sampai saat ini pihaknya baru menerima dana sebesar Rp.36 Milyar. “Rencananya, akan ada dana sebesar Rp 27 Milyar untuk finishing bangunan, tapi kami belum bisa memberi tahu kapan dana itu akan cair,” ujarnya.

Tak hanya perbaikan gedung, Widodo juga memaparkan, koleksi buku-buku yang ada dalam perpustakaan akan ditambah lagi. “Akan ada penambahan koleksi buku senilai Rp 5,4 Milyar dari Badan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN),” jelasnya.

Widodo menambahkan, ke depan, perpustakaan pusat akan menyediakan tempat untuk ruang diskusi, ruang belajr terbuka, knowledge hole, cinema, food court, dan hotspot area. “Kami juga mengusulkan akan ada layanan e-banking, layanan tiket, bookstore, dan tempat fitnes,” tuturnya.  


Meski demikian, proses pembangunan gedung perpustakaan tersebut juga memberikan sedikit gangguan bagi para penggunanya. “Dengan adanya pembangunan ini banyak mahasiswa dan karyawan yang mengeluh karena banyak debu, kebisingan, dan becek,” ujar Widodo. (Iin)

SHARE THIS

0 comments: