Thursday, November 20, 2014

Ingin Bahasa Jawa tetap Eksis, Teater SOPO Pentas dengan Dialog Bahasa Jawa

Dok/Panitia
lpmvisi.com, Solo – Pentas Produksi berjudul “Sejatining Prasetyaku” yang diadakan oleh Teater SOPO FISIP UNS pada Rabu malam (19/11/2014) di Teater Arena, merupakan pentas produksi yang keseluruhan dialognya menggunakan bahasa jawa.

Selain sukses dengan jumlah penonton yang mencapai 250-an lebih, pentas produksi Teater SOPO yang ke-19 ini juga menampilkan sesuatu yang unik, yakni dengan menampilkan keseluruhan dialog yang menggunakan bahasa Jawa tanpa ada imbuhan bahasa Indonesia sedikitpun.

Herawan, ketua Teater SOPO sekaligus pemeran dalam pementasan ini menjelaskan, tujuan penggunaan bahasa Jawa dalam dialog adalah untuk mempertahankan eksistensi dari bahasa Jawa itu sendiri. “Yang kami lihat, di FISIP semakin sedikit mahasiswa yang ngobrol dengan bahasa Jawa, kebanyakan mereka menggunakan bahasa gaul seperti Lo dan gue, padahal mereka sendiri orang Jawa,” terangnya.

Untuk itu, Herawan menambahkan, ia ingin agar dengan diadakannya pementasan ini, mahasiswa setidaknya masih mau untuk menggunakan bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

“Kalau dengan yang lebih tua, pakai krama inggil, kalau dengan sebaya, pakai bahasa ngoko. Itu yang ingin kami sampaikan,” jelas Herawan saat ditemui usai pementasan. (Diah)

SHARE THIS

0 comments: