Friday, April 4, 2014

Mahasiswa Asyik dan Kreatif, Suka Cita Sambut Dies Natalis

Dok VISI/Fatma.
Bermain Futsal –
Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS dari 
angkatan yang berbeda tengah bermain Futsal dalam rangka Agrotech’s Fair 
2014 memperingati Dies Natalis Fakultas Pertanian, Rabu (26/3). 
Futsal merupakan salah satu acara dalam rangkaian event Agrotech’s Fair.

Ada yang berbeda hari itu di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Sejak pagi, booth bazar berderet diisi oleh beraneka makanan, panggung akustik berpusat di tengah lalu kerumunan mahasiswa memadati lapangan mengikuti serangkaian perlombaan. Perhelatan meriah itu hasil garapan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi yang bertajuk Agrotech’s Fair yang diselenggarakan mulai 24 Maret hingga 6 April 2014.


Pada kali kedua acara tahunan Agrotech’s Fair ini bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Pertanian UNS yang ke-38. Seolah turut memeriahkan hari jadi, serangkaian acara dengan konsep permainan, keilmiahan, seminar, hingga hiburan pun disuguhkan. Kepala Bidang Acara, Aditya Darmawan (20) menuturkan Agrotech’s Fair termasuk salah satu agenda Dies Natalis yang mendapat perhatian penuh dari pihak kampus setempat. “Acara kami ini ada banyak dan bertaraf nasional, ya sehingga didukung pihak  kampus dalam segala hal,” jelasnya saat ditemui Visi, Rabu, (2/4) di Fakultas Pertanian UNS.

Antusiasme Tinggi
Ketika ditanyai mengenai antusiasme peserta, Aditya mengaku acara yang dipersiapkan selama tiga bulan ini mendapat animo yang cukup tinggi. “Untuk Futsal itu yang mendaftar 25 tim, sementara lomba antar angkatan itu meriah sekali ada lomba tangkap ayam, bakiyak, estafet, dan tarik tambang,” terangnya. Tak hanya meriah dalam hal peserta permainan, lomba keilmiahan pun diikuti sebanyak 102 peserta yang berasal dari Sabang-Merauke. Booth bazar makanan yang digelar selama dua hari pun menyedot perhatian sivitas kampus. “Wah, kebetulan rame sekali kalau untuk bazar sampai penjualnya kewalahan he...,” tambahnya. 

Senada dengan Aditya, Mahasiswa Agroteknologi, Nesa Natasya (21) mengaku terhibur dan merasakan manfaat acara ini, mahasiswa dapat menyalurkan bakat bermusik maupun menulis. “Selain itu juga dapat mempererat hubungan antar angkatan dalam berbagai lomba, bahkan mahasiswa fakultas lain juga dapat berpartisipasi,” tuturnya.

Ciri khas menarik dari acara hari jadi Fakultas Pertanian ini ialah tak hanya mahasiswa yang merasakan euforia-nya, melainkan juga masyarakat umum khususnya petani dan pemerintah bidang pertanian. Seminar nasional bertajuk ‘Mewujudkan Pertanian Organik Indonesia yang Berdaya Saing Menuju Afta 2015’ mengundang kelompok tani dari beberapa daerah di Solo, serta menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai pembicaranya.

Tingkatkan Soliditas Jurusan
Suka cita tak hanya dirasakan oleh mahasiswa yang mengikuti serangkaian acara, melainkan juga panitia acara yang hingga sore masih setia mengabadikan momen tersebut. Panitia pun nampak tak kewalahan mengatur berbagai acara. Menurut Aditya, hal ini disebabkan pembagian kerja merata diantara 125 panitia yang menjalankan tugasnya dengan baik. Saat ditanya mengenai tujuan utama penyelenggaraan acara ini, ia mengaku untuk meningkatkan soliditas jurusan Agroteknologi. “Terbukti mbak, kami berasal dari tiga angkatan berbeda namun bisa berkoordinasi dengan baik dan semakin kompak, bahkan saya hafal semua nama panitia mbak,” jawab lelaki berbaju batik ini.

Selama penyelenggaraan, panitia tak menemui kendala berarti. “Ibaratnya kan kami turut mengupayakan dan memeriahkan hari jadi fakultas pertanian, jadi ya tidak begitu dipersulit. Ya paling urusan klasik seperti aturan birokrasi, dan pembagian tugas yang memerlukan perhatian penuh,” pungkasnya. (Fatma)


SHARE THIS

0 comments: