Sunday, February 16, 2014

Pesona Wisata Goa Pindul


Oleh: Maharani Krisna Handayani
Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 1,5 - 2 jam dari kota Yogya. Pengelolaan objek wisata ini dilakukan swadaya oleh penduduk sekitar.
Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona, yaitu zona terang yang berada di sekitar mulut goa, zona remang karena masih ada sinar matahari yang masuk, dan zona gelap yang tidak tertembus sinar matahari. 



Goa Pindul merupakan goa dengan keindahan yang luar biasa. Untuk menikmati keindahan goa ini, pengunjung harus menyusuri sungai bawah tanah yang berada di goa tersebut. Menyusuri sungai bisa dengan menggunakan pelampung atau ban dalam disebut dengan cave tubing. Waktu tempuh yang dibutuhkan dalam cave tubing sekitar 45 menit hingga 1 jam jika pengunjung tidak sedang ramai. Paket cave tubing Goa Pindul memberikan fasilitas jasa pemandu, perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet), dan asuransi dengan biaya Rp 35.000,00 per orang. Jika pengunjung menginginkan dokumentasi tapi tidak membawa kamera, pihak pengelola menyediakan kamera beserta juru foto yang akan mengikuti pengunjung selama ber-cave tubing dengan biaya Rp 100.000,00. Hasil foto selama cave tubing tadi akan diberikan dalam bentuk file dalam CD yang telah disediakan.
Selama perjalanan cave tubing, wisatawan bisa menikmati keindahan ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk, stalagtit dan stalakmit goa yang menakjubkan. Pengunjung akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa. Stalaktit ini merupakan yang terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat terbesar no.4 di dunia.
Di dalam goa, pengunjung juga dapat melihat beberapa hewan yang menghuni goa ini yaitu kelelawar pemakan buah, kelelawar pemakan serangga, burung sriti, dan burung walet. Di beberapa bagian atap gua juga terdapat lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar penghuni gua.
Di tengah goa, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Di akhir pengarungan, terdapat satu tempat yang menyerupai kolam besar dan biasanya dijadikan tempat beristirahat sejenak sehingga wisatawan dapat berenang atau terjun dari ketinggian.
Selain paket Cave Tubing Pindul, pihak pengelola wisata di sekitar Goa Pindul (hingga saat ini ada 7 pengelola) menyediakan beberapa paket wisata yang sama menariknya dengan Cave Tubing Pindul, yaitu Rafting Oyo, Wahana Outbond, Wisata Telaga MP, Camping Area, Off Road, Homestay, Trekking LA, Live In, dan Caving Goa Gelatik. Dari beberapa paket wisata itu yang menjadi favorit wisatawan selain Cave Tubing Pindul adalah Rafting Oyo. Rafting Kali Oyo biasanya dilakukan wisatawan setelah melakukan Cave Tubing Pindul. Pengelola Mriwis Putih membandrol harga untuk paket Pindul dan Oyo sebesar Rp. 75.000,00 per orang. Harga yang layak untuk pemandangan mengaggumkan dan pengalaman tak terlupakan di kawasan wisata Goa Pindul.


SHARE THIS

1 comment:

  1. Terimkasih min sudah bantu share Objek wisata kami, sertakan link http://desawisatabejiharjo.net/ boleh lho min..:) Terimkasih

    ^_^admin pindul^_^

    ReplyDelete