Tuesday, December 10, 2013

UIN Kalijaga Selenggarakan Seminar "Membangun Jejaring dan Kewirausahaan Perpustakaan"


Yogyakarta – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga kembali menggelar seminar nasional, Minggu (8/12). Seminar kali ini mengusung tema “Membangun Jejaring dan Kewirausahaan Perpustakaan”. Pembicara dalam seminar adalah Prof. Dr. Sulistyo Basuki Guru Besar Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia dan Dr. A Ridwan Siregar, M.Lib  Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU).

Ridwan menjadi pembicara pertama dalam seminar ini, ia memaparkan materi jaringan perpustakaan dan kewirausahaan dalam perpustakaan. “Kewirausahaan dalam perpustakaan bukan bagaimana untuk menghasilkan uang lebih, akan tetapi bagaimana hati kita tergerak untuk membawa perubahan dalam perpustakaan,” jelas Ridwan.

 Sementara Sulis lebih menekankan pada jaringan perpustakaan, menurutnya antar perpustakaan harusnya tergabung dalam satu wadah agar pinjam meminjam koleksi lebih mudah. “Di Jawa Tengah saja belum semua perguruan tinggi negeri mau bergabung, contohnya salah satu universitas paling bergengsi di Yogyakarta,” papar Sulis.

Selain itu masih banyak perpustakaan universitas belum mau secara terbuka membagi koleksi digitalnya. “Sering kita temui jika ingin download jurnal malah yang hanya bisa dibuka abstraknya saja, sambung Prof. Sulis.

Dengan seminar ini diharapkan peserta dapat memahami bagaimana pentingnya memperbaiki perpustakaan. Selain itu dihimbau agar perguruan tinggi mau membebaskan jurnalnya untuk diakses orang lain tanpa harus dibatas-batasi. (Intan).




SHARE THIS

0 comments: