Tuesday, December 17, 2013

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS Gelar Seminar Psikologi Komunikasi


Salah satu film yang diputar
dalam seminar psikologi komunikasi
Dok. Internet
SOLO – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo angkatan 2012 kelas B, Senin (16/12) menyelenggarakan seminar psikologi komunikasi. Seminar bertajuk “PSIKOMO: Biarkan Film Berbicara” ini dimulai pukul 08.30 WIB di ruang kuliah program studi Ilmu Komunikasi.

Acara seminar kali ini membahas mengenai film pendek yang dianalisis menggunakan aspek-aspek yang ada dalam psikologi komunikasi. Seminar ini juga  ditujukan sebagai uji kompetensi dasar (UKD) ke-4 dari mata kuliah psikologi komunikasi yang diampu dosen Firdastin Ruthnia Y, S.Sos, M.Si.


Film pendek yang ditayangkan dan dianalisis berjumlah empat film. Yakni film “Sebelah”, “Bastille”, “XXL”, dan yang terakhir adalah “Missing”. Naufal Bayutiarno, Mazsa Radita, Ade lintang, dan Sanindiana masing-masing sebagai pembicara film tersebut. Dari keempat film itu, hanya film “Bastille” yang tidak memiliki adegan menegangkan, karena cenderung melankolis. Sementara ketiga film lainnya membuat tegang para penonton. Salah satunya film “Sebelah” yang berbicara tentang seorang wanita psikopat yang membunuh pasangannya.

Sementara, dalam film “XXL” mengisahkan seorang wanita yang bertubuh gemuk mengiris bagian tubuhnya yang banyak timbunan lemak hingga ia meninggal. Berbeda dengan film “Missing”, film ini bercerita tentang seorang ibu yang kehilangan anak lelakinya. Diduga, menantunya yang membunuh anak lelakinya (suami) itu.
Christina salah satu peserta mengaku senang terlibat dalam kegiatan ini. “Acaranya keren banget, apa lagi film-filmnya, tapi ngeri, tutup Christina. (Ikrar)



SHARE THIS

0 comments: