Monday, December 2, 2013

Badan Pelestarian Cagar Budaya Adakan Pameran Kepurbakalaan di Klaten

Dok.VISI/Inda
KLATEN – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah  kembali menyelenggarakan kegiatan Pameran Keburbakalaan. Klaten dipilih sebagai tempat pameran terkhir pada tahun 2013 setelah di Semarang, Yogyakarta dan Solo. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung RSPD Jl. Pemuda Tengah Klaten mulai (25/11) hingga (29/11).


Pameran tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk sosialisasi mengenai cagar budaya kepada masyarakat Klaten. “Acara ini sebagai bentuk sosialisasi cagar budaya, karena sejarah harus selalu dikenang, meskipun sebagian besar bangunan merupakan produk penjajah namun itu mengandung cerita perjuangan yang berharga,kata anggota BPCB Lia, Jumat, (29/11) hari terakhir pameran.
Dalam acaranya, BPCB membawa koleksi-koleksi menarik berupa miniatur, artefak asli dan gambar-gambar sejarah perjuangan yang disertai panel-panel penjelas yang mudah dipahami. Selain itu ada juga pembagian buku tentang sejarah kepada pengunjung secara gratis. Adanya pameran ini membuat warga khususnya siswa antusias untuk mengunjungi dan mempelajari benda-benda bersejarah.

 “Acaranya bagus, bisa menambah pengetahuan sejarah untuk pelajaran di sekolah,sanjung Fatimah salah satu siswa SMP N 1 Klaten yang mengunjungi pameran. Dengan adanya pameran tersebut, panitia penyelenggara mengharapkan agar warga sekitar Klaten ikut serta dalam melestarikan cagar budaya warisan nenek moyang.(Inda)





SHARE THIS

0 comments: