Thursday, November 28, 2013

Wiranto : Seorang Pemimpin Harus Memiliki STMJ


Dok. VISI/ Arfian
Solo - Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengadiri acara Dialog Kebangsaan di Auditorium Universitas sebelas maret (UNS) Solo, Rabu (27/11). Dalam kesempatan itu Wiranto menyampaikan tentang prinsip-prinsip yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ia sebut STMJ.

“Seorang pemimpin yang pantas untuk rakyat Indonesia adalah pemimpin yang memegang prinsip STMJ,” uangkap wiranto saat berdialog bersama pembicara lainnya. Menurut calon presiden RI 2014 ini, STMJ merupakan sebuah singkatan dari empat prinsip kepemimpinan.
Wiranto menjelaskan bahwa huruf S untuk sadar akan posisinya. “ Jabatan sebagai pemimpin merupakan amanat dari Tuhan. Sedangkan T untuk tahu masalah dan solusi, lalu M itu adalah mampu dan mau  memutuskan,” jelas Wiranto.  Kemudian, lanjut Wiranto, J adalah jamin bahwa ia akan tetap pada jalur pengabdian kepada rakyat.

Tokoh yang memimpikan kursi kepresidenan ini pun menyampaikan pendapatnya bahwa pemimpin harus punya knowledge.  Menurutnya Kegagalan seorang pemimpin itu disebabkan karena dua hal, yakni berpikir terus tanpa memutuskan dan memutuskan tanpa berpikir.

Dialog kebangsaan yang di moderatori oleh Hanta Yuda selaku penyelenggara kegiatan ini memang membahas tentang pemimpin yang baik dan pantas untuk memimpin Indonesia. Dalam materi yang dibawakan, Wiranto mengatakan bahwa perubahan adalah tanggung jawab pemimpin dan hanya dapat dilakukan oleh pemimpin yang kuat.

Selain Wiranto, hadir juga pembicara lainnya, yakni mantan Ketua MPR RI periode 2004-2009, Hidayat Nurwahid dan Ketua Paguyuban Gubernur se-Indonesia, dan Syahrul  Yasi Limpo yang juga membawaklan materi tentang kepemimpinan. (Salma)


SHARE THIS

0 comments: