Tuesday, November 5, 2013

Belajar Media Relation Bersama PR Pertamina

Dok. VISI/ Muna
Solo - Asset 4 legal dan Relation Manajer Pertamina EP Jakarta Arya Dwi Paramita, Senin (4/11) hadir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kehadirannya kali ini untuk mengisi acara seminar Komunikasi Kontemporer 2 mengenai Media Relation.

Seminar tersebut sekaligus sebagai materi perkuliahan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011 yang mengambil spesialisasi Public Relation (PR). Acara yang diselenggarakan mulai pukul 09.25 WIB ini mendapatkan antusias yang cukup tinggi. Terutama ketika Arya, sapaan akrab Arya Dwi Paramita, mulai menceritakan kisah pekerjaannya sebagai seorang PR dengan dibumbui humor.

Menurut Arya, seorang PR harus mampu memanjakan setiap wartawan. “Wartawan itu sangat penting ya untuk media relation, jadi, sebisa mungkin sebagai PR kita harus dekat dengan para wartawan, jangan sampai ada gap,” tutur pria yang menyandang gelar master manajemen dari Universitas Trisakti Jakarta itu.

Selain itu Arya juga menghimbau kepada PR untuk dapat memetakan politik suatu media. Karena hal itu berhubungan dengan agenda setting didalamnya, yang juga akan mempengaruhi pemberitaan mengenai perusahaan-perusahaan yang berkaitan. Tak hanya memberikan strategi khusus untuk menjalin hubungan baik dengan media, Aryapun tak segan menceritakan petualangannya selama bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

“Jadi PR nggak cukup Cuma duduk dikantor atau cave, kita harus benar-benar tahu bagaimana kondisi di lapangan. Dan untuk perusahaan besar, bahaya yang besarpun akan sering menantang,” aku Arya. Arya berharap, peserta yang hadir dalam seminar yang digelar di Ruang Seminar FISIP UNS tersebut akan menjadi PR di perusahaan-perusahaan ternama. (Muna).







SHARE THIS

0 comments: