Monday, November 4, 2013

Arabic Fair UNS 2013 , Mahasiswa Asing Turut Kenalkan Bahasa Arab

Solo - Arabic Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) 2013 yang berlangsung selama tanggal 30-31 Oktober 2013 kini mengangkat tema “Negeri 1000 Menara”. Pada Arabic Fair UNS yang kedua ini turut mengajak mahasiswa asing untuk memeriahkan acara.

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Qis’ar Program Studi (Prodi) Sastra Arab ini memakai tagline Menuju Puncak Meraih Prestasi. Dalam acara tersebut juga diadakan sejumlah perlombaan. Diantaranya lomba pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, tilawah Al Qur’an, kaligrafi dan makan kebab. Dijelaskan oleh seksi acara, Dita Kafabillah, lomba terbuka untuk mahasiswa dan siswa SMA. 

“Dari lima lomba yang diselenggarakan jumlah total peserta mencapai 100 orang,” ungkap Dita, Kamis (31/10). Dita mengungkapkan, diharapkan acara Arabic Fair UNS 2013 Negeri 1000 Menara dapat mengenalkan prodi Sastra Arab yang baru terbentuk selama empat tahun. “Tujuan diselenggarakannya acara ini selain untuk mengenalkan Sastra Arab juga membudayakan Bahasa Arab kepada masyarakat,” terangnya. 

Pada Arabic Fair UNS Negeri 1000 Menara kali ini juga dimeriahkan oleh mahasiswa asing. Dita mengatakan, “Kami juga mengundang mahasiswa asing seperti dari Kazakhstan, Malaysia, Libya, dan Yaman. Mereka unjuk kebolehan dengan penampilan hiburan, dialog bahasa Arab dan sebagainya.”


Dita menambahkan, terdapat juga acara Hijab and Beauty Class dengan mengundang dari Komunitas Hijabers Solo dan Rabbani. Fatima Azzahra, siswi kelas X-IPA, SMA Al Islam 1 Solo yang mengikuti perlombaan puisi bahasa Arab mengaku tegang karena lawan yang cukup berat.


“Saya membawakan puisi tentang Kasih, cukup sulit soalnya lawannya juga dari luar Solo dan mahasiswa,” jelasnya saat ditemui VISI. Fatima mengikuti lomba dalam acara ini karena informasi dari komunitas Bahasa Arab di sekolahnya. Ia mengatakan, “Saya tahu lomba di acara ini dari brosur dan dari komunitas Arabic Club Al Islam 1.” Para pemenang lomba mendapatkan piala, sertifikat, dan uang bimbingan. (Ilham)
 


SHARE THIS

0 comments: