Saturday, November 2, 2013

Seminar TI Nasional, Hackerpun Bisa Jadi Baik

Dok. internet
Solo –  Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himaster) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menggelar Seminar Nasional Teknologi Informatika (TI), Rabu (16/11) mendatang.Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Informasi dan Teknologi (Pingfest) 2013. 


Seminar bertema “WhiteHat Hacker, saatnya meretas untuk kebaikan” tersebut akan dilaksanakan di Aula gedung Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan (FKIP) UNS dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Dalam seminar teknologi ini, akan hadir tiga pembicara yang ahli dalam bidang informatika. Di antaranya, Onno Widodo Purbo (pakar, penulis, pendidik serta pejuang internet murah dan menyebarkan Linux).

”Selain itu ada  juga anggota Indonesian Bracktrack Team (IBT), Habibi Ramadhan dan Dimas Kusuma yang akan jadi pembicara.” Ungkap KetuaPanitia  Fachri Yafelli, Kamis (24/10). Fachri menjelaskan IBT adalah komunitas para penggiat komputer dan teknologi terutama dibidang keamanan dan infrastruktur jaringan komputer yang berada di seluruh Indonesia.

Seminar ini akan membicarakan tentang manfaat penggunaan sistem Linux untuk memupus pembajakan sistem komputer lain di Indonesia. “Orang Indonesia itu suka yang free, makanya Linux ini kita jadikan alternatif untuk mengurangi ilegalitas sistem di komputer akibat pembajakan,” tutur Fachri.

Tak hanya itu. Pembicara juga akan membagikan ilmu mengenai bagaimana membobol sebuah sistem kemudian menambah pengamanan pada celah-celah sistem, sehingga tingkat keamanan sistem tersebut akan makin tinggi. Ini adalah salah satu cara untuk momotivasi peserta seminar untuk menjadi white hacker, bukan black hacker yang melakukan kejahatan cyber.

“Sasaran peserta seminar nasional ini adalah mahasiswa di Surakarta, Yogyakarta dan Semarang yang tertarik dengan dunia cyber. Namun kami juga disediakan tempat untuk praktisi teknologi informatika, dosen dan masyarakat umum,” tambah Fachri yang merupakan mahasiswa Informatika ini . Kurang lebih ada 300 peserta yang ditargetkan dalam seminar tersebut. Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara online melalui pingfest.uns.ac.id atau langsung ke Sekretariat Himaster di Gedung 1 lantai 4 FMIPA UNS. (Muna).


SHARE THIS

0 comments: