Tuesday, September 24, 2013

Mari Elka Pangestu : Menuju Solo The Creative City oleh UNESCO

Dok.VISI/Ilham
Solo- Solo International Performing Art (SIPA) 2013 pada Minggu, 22 September 2013 resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu. Dalam sambutannya, Mari Elka Pangestu memberikan apresiasi terhadap ruang kreatif di solo, Minggu (22/9).


Lebih lanjut, Mari Elka Pangestu menyatakan rencananya untuk pengajuan Kota Solo sebagai The Creative City ke UNESCO. “100% Cinta SIPA, 100% Cinta Solo, 100% Cinta Indonesia,” ujarnya diakhir sambutan. Penutupan dilanjutkan dengan pemukulan Kenong (alat musik asal Jawa Tengah – red) oleh Mari Elka Pangestu, Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo dan Ketua Umum SIPA 2013 Irawati Kusumorasri, didampingi Wakil Walikota Solo Ahmad Purnomo.

Tidak selesai sampai disitu, acara SIPA 2013 kembali dilanjutkan setelah sebelumnya di awal acara tampil delegasi India, Kiran Rajagopalan dan Solo, GPH. Paundrakarna J.S.. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari penyanyi solo Nino Gracia, Universiti Sabah Malaysia, Laura Kriefman asal Inggris, Sanggar Tarara Madura dan Dinas Kebudayaan Jakarta Utara. 

Menjadi menarik, selama tiga hari berlangsungnya SIPA 2013 telah dihadiri sebanyak kurang lebih 18.000 penonton. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu panitia acara SIPA 2013 Galang Dayu Nugraha ketika dikonfirmasi VISI melalui email, “Pada dua hari pertama lebih dari 18.000 penonton mengunjungi SIPA 2013 ini,” Senin (23/9).

Lebih lanjut Dayu mengungkapkan tujuan diadakannya SIPA 2013 ini di Benteng Vastenburg ialah untuk mengenalkan tempat bersejarah Solo di mata dunia. “Selain untuk tempatnya yang berbeda dari tahun kemarin, juga untuk menambah pengetahuan kita tentang lokasi sejarah di Solo,” terangnya. Dayu berharap untuk SIPA selanjutnya (SIPA 2014 -red) adalah menjadikan kota Solo dan Indonesia lebih terdengar di kancah Internasional dan semakin menampilkan pertunjukan yang berkualitas dunia dari berbagai belahan dunia.  Pada akhir acara ditutup dengSentani. (Ilham)




SHARE THIS

0 comments: