Thursday, September 19, 2013

Lalainya Pengawasan Orang Tua, Terhadap Anak

Oleh: Carlie Nurul Widyanti

                Bagaimana bisa anak berusia 13 tahun, berkendara mobil melewati jalan tol dini hari? Apakah orang tuanya mengizinkan? Atau orang tuanya terlalu sibuk, sampai si anak dibebaskan berkendara seperti itu? Atau si anak yang bandel dan memang memaksa untuk berkendara dini hari di jalan raya? Entahlah yang jelas semua itu tanggungjawab orang tua. Seperti kisah yang belum lama ini terjadi pada salah seorang putra bungsu seorang musisi Ahmad Dhani, Ahmad Qodir Jaelani (13). Inilah kronologi kejadiannya.
            Minggu dini hari pukul 00.45 WIB Mobil Mitshubishi Lancer bernomor polisi B-80-SAL yang dikemudikan Dul terlibat kecelakaan maut yang menewaskan 6 orang. Kecelakaan beruntun antara Lancer, Gran Max dan Avanza terjadi di km 8 Tol Jagorawi, terjadi di jalur 3 dan 4 arah Jakarta. Dul mengendarai Lancernya bersama seorang teman laki-lakinya yang juga mengalami luka parah (Nouval). Dul menderita patah tulang kaki.

            Dari informasi yang saya dapat, saat terjadi kecelakaan tersebut Dul tengah dalam perjalanan pulang, setelah mengantar kekasihnya Arin yang bertempat tinggal di daerah Cibubur. Setelah itu Dul dan Nouval salah seorang teman Dul berjalan pulang, naasnya kecelakaan maut tak bisa dihindari. Dul menghantam beton pembatas tol, hingga akhirnya Lancer yang dikemudikan terbang berlawanan arah hingga menabrak Gran Max dan Avanza yang berada persis di belakang Gran Max.
            Pasca kecelakaan tersebut, pemberitaan begitu heboh, tak sedikit yang menyalahkan karena kelalaian orang tua atau karena orang tua yang terlalu memanjakan anak, sehingga fasilitas apapun diberikan meskipun tak sewajarnya usia 13 tahun mengendarai kendaraan bermotor, apalagi dini hari.
            Mulai sekarang janganlah sembarangan memberikan fasilitas apapun yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si anak, apalagi anak di bawah umur. Dan pengawasan orang tua tetap harus selalu dilakukan. Apa yang dilakukan anak di luar, orang tua harus mengetahui dan apa yang seharusnya tidak pantas dilakukan anak, orang tua harus bisa melarang. Dan jangan sampai ada kejadian seperti ini lagi.

SHARE THIS

0 comments: