Monday, July 23, 2012

Bijak Belanjakan Uangmu

Oleh: Wahyu Yuliastuti W

            Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi seluruh umat Islam di dunia termasuk Indonesia. Di bulan ini semua umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Puasa merupakan kegiatan ibadah dimana umat Islam dituntut untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dati terbit fajar hingga terbenam matahari.
            Menahan hawa nafsu merupakan salah satu dari rukun berpuasa. Jadi, selama berpuasa kita harus bisa mengontrol nafsu kita. Seperti contohnya adalah nafsu makan dan minum, nafsu amarah, dan bahkan nafsu belanja.
            Dalam bahasan saya ini, saya ingin lebih menekankan pada nafsu berbelanja. Sudah menjadi adat masyarakat Indonesia untuk banyak berbelanja di bulan Ramadhan. Entah itu belanja untuk berbuka puasa mulai dari es, camilan, makan besar, hingga makanan penutupnya. Tak hanya berlebihan dalam menu buka puasa, di bulan ini belanja bahan sandang juga seakan sudah menjadi kewajiban. Memborong berbagai pakain untuk dipakai di hari raya pun sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Bisa dibayangkan berapa uang yang dikeluarkan oleh satu keluarga saja selama periode bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri? Apalagi jika lebih dari ribuan keluarga melakukan hal yang sama.
            Memang di satu sisi hal ini bagus untuk menggerakkan perekonomian, di sisi lain terjadi pemborosan yang luar biasa, dari sisi moneter hal ini dapat menyebabkan inflasi. Inflasi merupakan keadaan dimana harga barang dan jasa meningkat secara terus menerus. Inflasi disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat, jumlah uang beredar banyak sehingga memicu konsumsi, hingga pada tidak lancarnya pendistribusian barang.
            Laju inflasi yang tidak terkendali bisa sangat merugikan bagi masyarakat. Harga barang-barang kebutuhan akan terus meningkat sehingga daya beli masyarakat menjadi menurun, laju pertumbuhan ekonomi menjadi lambat dan lesu, serta nilai mata uang menjadi menurun.
            Kita sebagai masyarakat bisa berperan aktif dalam menekan laju inflasi yaitu dengan melakukan penghematan di berbagai sektor.

SHARE THIS

0 comments: