Thursday, May 15, 2008

Internet Killed The Video Star

Oleh: Wahyu

Masih terngiang sebuah lagu yang dinyanyikan oleh The Buggles yang judulnya “Video Killed The Radio Star”. Lagu ini sempat populer dua dekade lalu tepatnya tahun 1981 dan video klip band ini merupakan video klip pertama yang diudarakan oleh MTV. Bisa dibilang kalau lagu ini merupakan sebuah tonggak sejarah baru di dunia teknologi media, karena menjadi langkah awal dari MTV untuk merebut hati anak muda dan menjadikan MTV sebagai “kiblat” baru pergaulan mereka, menggantikan radio yang telah lama menyumpal telinga mereka. Seperti kata The Buggles : video killed the radio star.


Mau tidak mau bintang-bintang radio terasa seperti “terbunuh” ketika video-video mengalihkan perhatian banyak orang kala itu. Video memang merupakan inovasi baru dalam dunia komunikasi terutama di blantika musik transisi dari Trend audio yang berubah menjadi audio visual. Hal tersebut agak banyak meredupkan ketenaran bintang-bintang radio yang merajai dunia permusikan kala itu. Televisipun menjadi jalur utama untuk orang-orang yang ingin menggapai ketenaran.

Kehadiran media massa memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia seperti yang terjadi pada kasus munculnya televisi. Namun... hey...hey... itu sudah terjadi tahun lalu berpuluh-puluh, dan sekarang sudah muncul eranya buat internet. 

Kehadiran internet dengan segala fasilitas yang dibawanya membuat karya yang kita buat bisa diketahui oleh orang-orang satu planet ini dan dengan kekonektifitasannya pula, internet membuat orang-orang makin kreatif untuk menunjukan keberadaannya di planet ini. Jadi mulai sekarang perlahan hilangkan anggapan pada pikiranmu bahwasanya bila ingin terkenal harus masuk televisi. Satu lagi jalur menuju ketenaran terbuka lebar. Yups, internet kill the video star.

Arctic Monkeys contohnya, band asal Inggris ini untuk mencapai ketenarannya, mereka menggunakan media internet. Lewat myspace, mereka memperkenalkan Single debutnya yaitu “i bet that you look good on the dance floor”. Tidak disangka-tidak dinyana lagu tersebut menjadi lagu yang paling banyak di-download di dunia dan merajai tangga lagu Inggris dalam waktu singkat, jadi engak heran kalau mereka mendapat Mercury Prize, sebuah penghargaan musik bergengsi di Inggris.

Belum lama ini juga ada suatu inovasi baru yang dilakukan pemusik di dunia internet. Radiohead melakukan sebuah langkah yang cukup gila, mereka keluar dari major label dan memutuskan untuk menjual album terbaru mereka In Rainbow di internet dan menjualnya dengan harga “sak karepmu dewe” alias terserah pengunduh yang ingin mengunduh lagu tersebut. Edan po piye tho mas Thom?? Hal tersebut, menurut Thom yorke pentolan Radiohead sebagai reaksi bandnya atas pengekangan yang dilakukan oleh labelnya yang tidak suka atas ide penjualan musik yang diusulkan Radiohead.

Pemusik dalam negeri juga melakukan ada yang booming karena internet. Salah satunya Gaby yang konon dia meninggal setelah meng-up load lagunya jauh kau pergi. Lagu tersebut terkenal setelah banyak orang mssengunduhnya dari situs blog. Berbagai cerita juga menyelimuti lagu yang semakin meroket itu, bahkan ada yang bilang kalau dia sempat “dihantui” oleh Gaby setelah mendengar lagu tersebut, ada juga stasiun radio yang enggan memutar lagu tersebut di malam hari, katanya banyak kejadian mistis kalau hal itu dilakukan. Hii.. Terlepas dari hal itu, saya salut atas kesuksesan lagu tersebut, dan teman-teman juga bisa menguduh lagu tersebut dengan mudah karena sudah banyak situs di internet yang menyediakan lagu tersebut secara gratis.

Orang-orang akan makin kreatif bila mereka memanfaatkan segenap fasilitas yang ada, walaupun hal itu merupakan hal yang baru yang belum dicoba orang lain. Selama hal tersebut tidak melanggar hukum yang berlaku, kenapa tidak? 

Hal inilah yang menjadi kunci sukses tokoh-tokoh diatas. Bagaimana mereka berani mencoba, bagaimana mereka melihat peluang baru, dan bagaimana mereka melawan pakem yang ada. Hal tersebut bisa dijadikan suatu pelajaran buat kita yang ingin keberadaan kita diketahui oleh orang banyak.

Yups... Patut dicoba. Secara internet dapat diakses oleh setiap orang di planet ini. Kamu bisa menuangkan segala buah pikiranmu kepada khalayak, daripada terpendam terus dan tidak membawa faedah sama sekali. Lebih baik tuangkan segala kreasimu di dunia virtual ini. Jadi, selamat ber-surfing internet ria.

SHARE THIS

0 comments: